Seminar Nasional Olahraga: Membangun Insan yang Berkarakter dan Bermartabat Melalui Olahraga

"Membangun Insan yang Berkarakter dan Bermartabat Melalui Olahraga" merupakan tema seminar nasional olahraga yang diselenggarakan oleh Prodi S2 Ilmu Keolahragaan PPs UNY dalam rangka Dies Natalis 6 Windu UNY. Acara yang digelar di Hotel Quality, Yogyakarta pada Sabtu (12/5) menghadirkan dua keynote speakers yang sangat berperan di dunia olahraga, yaitu, Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen (Purn) TNI Tono Suratman dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga KEMENPORA,  Prof. Joko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO.

Karakter menjadi bahasan yang diangkat dalam seminar tersebut. Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen (Purn) TNI Tono Suratman mengangkat judul "Membangun Insan yang Berkarakter dan Bermartabat Melalui Olahraga" sedangkan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga KEMENPORA,  Prof. Joko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO mengangkat judul "Olahraga dan Pembentukan Karakter". Selain itu, hadir pula dua pakar pada sesi panel yaitu Pakar Pendidikan Jasmani, UNS, Prof. Dr. HM. Furqon Hidayatullah, M.Pd. yang membahas mengenai Pendidikan karakter melalui pendidikan jasmani di sekolah, dan Pakar psikoneuroimunologi, UNAIR, Prof. dr. dr. Suhartono Taat Putra yang fokus pada fungsi  otak terhadap pembentukan karakter.

Seminar dibuka oleh rektor Universitas Negeri Yogyakarta dan dihadiri oleh sekretaris umum KONI DIY, Kanjeng Pangeran Haryo Indrokusuma, wakil KONI Kota/kabupaten, dan pejabat UNY. Peserta seminar sebanyak 116 orang terdiri dari guru olahraga, pengurus organisasi olahraga, dan dosen tersebut berasal dari beberapa daerah di Indonesia, seperti Papua, Kalimantan, Lampung, Palembang, Solo, Semarang, Jawa Barat, Pacitan, dan sebagainya. Pada kesempatan tersebut ditampilkan 19 poster dan presentasi dari 62 pemakalah pada sesi pararel. (Sita IK)