SEMINAR MAHASISWA S-2 PBI PPS UNY

Sabtu, 18 November 2017, mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan seminar “Learning Styles and Language Learning Strategies Related to Media Development in English Language Teaching” yang bertempat di Ruang Seminar Gedung Kuliah I, FBS UNY. Seminar ini merupakan gagasan dari dosen pengampu mata kuliah Media Pengembangan Pembelajaran Bahasa, Ibu Pangesti Wiedarti, M. Appl. Ling., Ph.D. dan Ibu Dyah Setyowati Ciptaningrum, S.Pd., M.Ed., Ed.D., diikuti sebanyak  64 mahasiswa.
Seminar ini bertujuan mengenalkan mahasiswa tentang pentingnya seorang guru untuk mengembangkan media dalam pembelajaran guna mengoptimalkan cara belajar dan strategi belajar siswa. Gaya belajar (learning style) adalah serangkaian teori yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan gaya belajar tiap individu: visual, audio, kinestetik; sedangkan strategi pembelajaran (learning strategies) adalah cara khusus yang dilakukan oleh setiap individu untuk membuat proses belajar lebih mudah, cepat, dan efektif berdasarkan pada gaya belajar individu tersebut.
Guna memperdalam kajian tersebut, Ibu Pangesti dan Ibu Dyah  memilih sembilan mahasiswa dari kelas A, B, dan C untuk mempresentasikan ide kreatif mereka terkait Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa. Selain itu, ada pembicara tamu, mahasiswa program KNB, dari Tanzania dan Mali yang memaparkan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris/Perancis yang diterapkan di negara mereka masing-masing, yaitu (1) Godlove Kiswaga – The Tanzanian English Curriculum, (2) Tchello Kasse – Republic of Mali (One People – One Goal – One Faith).  
Mahasiswa dari tiga kelas menampilkan: (3) Khaira Liza – VLOG Project for Speaking Ability of Descriptive Text: Kinaestetic Learning Style;  (4) Nunik Herani Wulandari – Writing Meaningfully: The Use of Medley Music for Auditory Learners; (5) Mas Muhammad Idris – Utilizing Picture Booklets to Stimulate The Retarded Learners English Speaking Ability; (6) Iffah Mayasari – Applying Google Docs for Visual Learners in English Writing; (7) Anita Thalib Mbau – ANKI App: Language Learning Aid for Visual Learning Style through Spaced Repetition; (8) Cherlie Elanda Rayshata – Developing Media of Authentic Speech Recognition in Teaching Pronunciation through Google Voice Search Application; (9) Puspita Wijayati – Providing VAK Learning Styles Students with Turning-Page Adventure Model Games; Inspired by Goosebumps Novel Written by R.L.Stine in Pedagogic Process; (10) Dayu Pravitasari – TED Talks Video as an Audio Visual Media to Improve Students Speaking Ability; dan (11) Muhammad Rizky Setiawan – The Use of Snake and Ladder Games to Support Kinaestetic Learners in Memorizing English Vocabularies Based on CEFR Scale.
Seminar yang diadakan dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB ini juga dihibur oleh penampilan musik akustik dari Muhammad Riswanda Imawan and friends, duo dance dari Antonius Maturbongs dan M. Rizky Setiawan dan diakhiri dengan penampilan spesial dari Ibu Pangesti Wiedarti yang membawakan lagu “Donna Donna”. Acara seminar berjalan dengan lancar dan meriah.  Untuk ke depannya, semoga acara seperti ini berlanjut setiap tahun dan dapat memberikan inspirasi bagi para generasi berikutnya dalam hal Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa. Pada akhir acara, panitia berfoto bersama dengan Ibu Pangesti Wiedarti dan Ibu Dyah Setyowati Ciptaningrum. (Mas Muhammad Idris and Nurvia Alfi Rizqi).
.