Seleksi Mandiri Program Pascasarjana Gelombang 2

Delapan ratus empat belas peserta mengikuti seleksi mandiri ujian tulis masuk Pascasarjana UNY Gelombang II pada Minggu 10 April 2016. Ujian dilaksanakan di Gedung Pascasarjana dan FMIPA UNY sejak pukul 07.30 hingga 12.05 WIB dan diikuti oleh 769 orang untuk program S2 dan 45 orang program S3. Dalam kesempatan ini Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, MPd., MA didampingi Wakil Rektor I Wardan Suyanto, Ed.D dan Wakil Rektor IV Dr.rer.nat Senam berkenan memonitor pelaksanaan ujian tersebut di Gedung Pascasarjana UNY. Sedangkan Wakil Rektor III Prof. Dr. Sumaryanto memonitor pelaksanaan ujian di FMIPA UNY. Daya tampung pada kesempatan ini adalah 306 orang untuk prodi S2 dan 70 orang untuk prodi S3.

Menurut Direktur Pascasarjana UNY Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, dalam pelaksanaan ujian masuk Pascasarjana UNY ada dua jalur pendaftaran yaitu jalur seleksi mandiri ujian tulis dan jalur portofolio. “Jalur portofolio merupakan jalur prestasi akademik” kata Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo “Seperti karya tulis dan buku-buku yang pernah dibuat, juga tridharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat”. Pada tes kali ini jalur portofolio diikuti oleh 41 orang untuk program S2 dan 3 orang program S3. Khusus untuk program S3, setelah selesai mengerjakan ujian tulis diwajibkan menempuh ujian wawancara pada siang harinya.

Ujian masuk Pascasarjana UNY terdiri dari Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) serta tes kemampuan berbahasa Inggris. TKPA terdiri atas tes kemampuan verbal, tes kemampuan numerik dan tes logika abstrak. Salah satu peserta tes, Syahidah Madiuni dari Lombok Tengah mengatakan bahwa untuk menempuh tes pada hari ini dia sudah mempersiapkan diri dengan belajar. “Saya juga ikut tes Toefl untuk memperkuat Bahasa Inggris dan tentu saja berdoa agar diterima” tutup alumni prodi S1 Pendidikan Matematika UAD tersebut. (dedy)