Rektor UNY Sampaikan Grand Design Menuju WCU

Pada awal masa jabatannya, Rektor UNY periode 2017-2021, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd,  terus melakukan sosialisasi dengan sivitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta terutama terkait visi dan rencana program kerja ke depan. Kali ini Jumat (5/5), giliran PPs UNY yang disambangi rektor dan para wakilnya. Acara sosialisasi dikemas dalam rapat rutin pengelola yang diikuti oleh direktur, asisten direktur, seluruh kaprodi, sekprodi, para koordinator, dan kasubag TU serta Tim Pengembang PPs UNY.

Topik utama dalam sosialisasi tersebut adalah grand design dan pengembangan UNY menuju WCU 2017-2021. Untuk mendukung WCU tesebut maka  mutlak bagi calon lulusan S3 mensubmit artikel penelitiannya ke Jurnal Internasional, sedangkan untuk jenjang S2 dengan nilai Tesis “A” diusahakan untuk dijurnalkan. “Untuk itu, kami minta saat ini diperkuat tim yang mengurusi Jurnal. Harus jelas dan tertata mulai dari pengumpulan artikel, editing hingga submit, “tegas Sutrrisna.

Lebih lanjut, Sutrisna memaparkan bahwa saat ini UNY akan diarahkan menuju PTN Badan Hukum dan didorong masuk ke Cluster 1. Untuk itu perlu peningkatan dalam beberapa hal seperti penguatan Jurnal, reputasi dosen, peningkatan jumlah SDM berpendidikan S3. “Dosen berkualifikasi S3 yang kita miliki masih rendah, maka mohon ada kebijakan khusus untuk mendorong percepatan studi Dosen UNY yang sedang menempuh S3, “imbuh Sutrisna.

Beberapa hal berkaitan dengan masalah akademik seperti perlunya membuka kelas sore bagi guru-guru di DIY, sistem tentang ujian akhir bagi calon doktor, penguji yang sesuai dengan bidang keilmuannya, dan perlunya dosen penguji S3 dari luar UNY yang sekaligus dipergunakan sebagai sarana membangun link. Hal lainnya yang perlu dicermati masalah penentuan cumlaude yang berkaitan dengan variabel masa studi, perlunya perluasan penerimaan mahasiswa yang merata di 34 propinsi, dan peningkatan kualitas pembelajaran, metodologi, dan bahan pembelajaran ang perlu terupdate dengan baik. Untuk penjaminan mutu perlu memiliki Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) minimal tingkat ASEAN.

Sementara itu, untuk mengimbangi pengembangan hal akademik, pembangunan dan peningkatan sarana prasarana penunjang perkuliahan juga terus ditingkatkan. Saat ini UNY sedang menyiapkan Digital Library untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat mengakses berbagai ebook, e-journal dan pustaka digital lainnya. Selain itu, pembangunan asrama juga sedang diusahakan dan ditargetkan di tahun 2018 bisa terealisasi. Gerakan efisien dan hemat energi seperti listrik, air dan Green Campus juga terus digalakkan. “Mari bantu untuk realisasikan program. Jangan hanya sebatas gagasan dan wacana saja, segera lakukan aksi kerja nyata. Kami terus mengharapkan kerjasama dari semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam segala hal kaitannya untuk pengembangan dan kemajuan UNY ke depan, “tutup Sutrisna.

Para peserta rapat sangat antusias menyimak semua yang dipaparkan Rektor. Banyak tanggapan, usulan dan masukan yang diberikan para kaprodi, tim pengembang hingga Dekan Fakultas yang turut hadir. Semua masukan dan usulan dirangkum untuk bahan penyempurnaan program dan koordinasi selanjutnya. (Rubiman).
.