Prodi Teknologi Pembelajaran PPs UNY Kunjungi SEAMOLEC

Mahasiswa Teknologi Pembelajaran (TP) PPs UNY angkatan 2013, pada tanggal 23 Juni 2014, melakukan study tour ke SEAMOLEC, Pamulang, Tangerang Selatan. Rombangan yang ikut terdiri dari 12 mahasiswa TP dan 1 orang dosen pendamping. Kedatangan mahasiswa TP disambut dengan sangat baik oleh pihak SEAMOLEC yaitu Bapak M. Andriansyah, Yusmar Hadi, dan Abbas Supardi.

Bapak M. Andriansyah yang merupakan manager staff, menjelaskan tentang apa itu SEAMEO SEAMOLEC. SEAMEO SEAMOLEC adalah sebuah institusi yang bernaung di bawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Asia Tenggara. SEAMOLEC berpusat di Indonesia dan bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional, khususnya institusi yang menyelenggarakan PJJ maupun institusi pendukung program.

Selanjutnya, Bapak Yusmar Hadi menjelaskan tentang bagaimana memdesain dan memanfaatkan web conference, Video, dan lain-lain sebagai penunjang pendidikan jarak jauh (PJJ). Bapak Abbas Supardi menyampaikan tentang bagaimana mendesain buku digital. Kesempatan sesi tanya jawab juga tidak disia-siakan oleh mahasiswa. Banyak pertanyaan yang diajukan termasuk diantaranya tentang peranan SEAMOLEC dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, serta peranan teknologi dalam pembelajaran.

Dari kunjungan ini, mahasiswa menjadi semakin termotivasi untuk mempelajari teknologi dalam pembelajaran, sehingga menjadi solusi dalam masalah belajar dalam dunia pendidikan. Serta memiliki keinginan untuk menggarap pembelajaran yang berbasis android khususnya Digital Book. (Sontiar)