PRODI S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA PPS UNY BERHASIL RAIH STATUS UNGGUL

Program Studi Magister (S2) Pendidikan Matematika (PMat) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih predikat unggul dengan meraih akreditasi “A” berdasarkan SK BAN PT No. 1152/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015. Predikat ini berlaku hingga lima tahun ke depan yaitu hingga 2020.

Dr. Jailani, M.Pd. selaku Ketua Prodi  S2 PMat UNY, proses pencapaian predikat akreditasi “A” ini, dimulai semenjak pengumpulan data dan informasi, penyusunan borang prodi, borang institusi, dan evaluasi diri, proses review, selanjutnya direvisi, pengumpulan dokumen dan lampiran yang diperlukan, pengiriman berkas borang ke BAN-PT, hingga akhirnya divisitasi oleh tim Asesor dari BAN-PT yang dilakukan awal bulan Oktober lalu.

Menurut Jailani, penilaian akreditasi pada prodi ini berbentuk evaluasi dan penilaian terhadap kapasitas prodi dalam bidang akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen SDM, kerjasama dan lain-lain. Semua didukung dengan adanya fasilitas ruang kuliah, laboratorium, sarana praktikum, dukungan IT dan perpustakaan sangat baik dan memadai di lingkungan PPs UNY. Jailani juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pimpinan UNY, pimpinan PPs atas dukungan selama proses akreditasi prodi. “Capaian ini merupakan hasil kerja bersama dari semua unsur prodi mulai dari pimpinan, dosen, karyawan, mahasiswa, maupun alumni”, ucap Jailani.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Tim Akreditasi atas kerja kerasnya baik dalam proses pengumpulan data dan informasi, penyusunan dokumen akreditasi maupun penyiapan dan pelaksanaan visitasi tim BAN-PT beberapa bulan yang lalu. Terima kasih juga kami haturkan kepada Tim Penjaminan Mutu, dan Bag. Informasi UNY atas review isi borang dan support yang diberikan”, jelas Jailani yang diamini oleh sekprodi, Dr. Dhoriva Urwatul Wutsqa di ruang kerjanya.

Sementara itu, Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. yang didampingi Tim Penjaminan Mutu, Dr. Dimyati dan Dr. Teguh Setiawan, berharap bahwa pencapaian ini bisa menjadikan cambuk bagi dosen, karyawan dan mahasiswa untuk senantiasa meningkatkan kualitas kerja dan prestasi. “Mempertahankan predikat “A” tentunya menghadapi tantangan yang lebih komplek dan berat”, imbuhnya.

“Keberhasilan memperoleh akreditasi “A” ini bukan menjadi titik akhir, tetapi justru menjadi awal bekerja dan berkarya dalam menjaga reputasi sebagai Prodi S2 Pendidikan Matematika yang unggul di Asia Tenggara sesuai visinya”, tutup Zuhdan. (Rubiman).