PRODI S2 PENDIDIKAN GEOGRAFI PPs UNY JALIN KERJASAMA DENGAN UPT BIKK LIPI, KARANGSAMBUNG

Senin, tanggal 2 Mei 2016 bertepatan dengan hari pendidikan nasional, rombongan dari Program Pascasarjana UNY yang di pimpin oleh Kaprodi Magister Pendidikan Geografi Dr. Muhsinatun Siasah Masruri, M.Pd beserta 3 Mahasiswa berangkat ke UPT BIKK LIPI Karangsambung. Prodi Magister Pendidikan Geografi dan Bagian Kerjasama Pascasarjana UNY berupaya melakukan kerjasama dengan UPT BIKK LIPI Karangsambung yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan eksternal UNY khususnya Pascasarjana UNY.

Prodi Magister Pendidikan Geografi memiliki mata kuliah Geografi Fisik yang menuntut adanya studi lapangan fisik. Dengan adanya kerjasama ini, para mahasiswa dapat dengan mudah melalukan penelitian.. Karangsambung dipilih sebaagai studi lapangan karena mempunyai bentuk fisik yang beragam dengan singkapan batuan. Karangsambung terbentuk dari dasar samudera dan lapisan tepi benua merupakan daerah tertua di Pulau Jawa. Secara spesifik BIKK Karangsambung bertugas untuk melaksanakan pelayanan jasa dan informasi, melaksanakan konservasi, pengembangan dan pemanfaatan wilayah yang mengandung fenomena geologi bernilai ilmiah serta pengembangan hasil riset bidang geoteknologi.

Prodi Magister Pendidikan Geografi baru berjalan dua angkatan. Angkatan pertama juga sudah melakukan studi ekskursi ke Karangsambung pada tahun lalu. Kehadiran rombongan kami di UPT BIKK LIPI Karangsambung disambut langsung oleh kepala UPT BIKK LIPI Karangsambung, Edi Hidayat, S.T, M.T, Seksi Pengembangan dan Konservasi, Defry Hastria S.T., dan Sub Tata Usaha, Suyamto. Panandatangan Perjanjuan Kerjasama (PK) dilakukan antara PPs UNY dengan kepala UPT BIKK LIPI Karangsambung. Setelah penandatangan kerjasama selesai selanjutnya acara serah terima surat kerjasama antara kepala UPT BIKK LIPI Karangsambung Edi Hidayat, S.T, M.T dengan Kaprodi Magister Pendidikan Geografi Dr. Muhsinatun Siasah Masruri, M. Pd. (Usaji Maulana)