Prodi S-3 PTK PPs UNY Gelar Seminar Pra Proposal Disertasi

Banyak upaya dilakukan agar para mahasiswa dapat menyelesaikan studi mereka tepat waktu. Salah satu fasilitas yang diberikan yaitu melalui seminar pra proposal disertasi yang digelar Prodi S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK). Menurut Kaprodi S3 PTK, Prof. Soenarto, Ph.D., seminar tersebut bertujuan untuk menyempurnakan proposal disertasi yang telah dikonsultasikan dengan promotor. Proposal yang sudah dinilai baik dalam seminar ini maka dapat segera diujikan sehingga penelitian disertasi dapat segera dilaksanakan. Sebaliknya apabila dalam seminar ini proposal masih diperlukan perbaikan maka mahasiswa diberikan kesempatan untuk merevisi secukupnya.

Disertasi merupakan karya ilmiah yang disusun oleh setiap mahasiswa S3 berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan secara seksama dengan bimbingan promotor dan co-promotor. Disertasi juga merupakan salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa. Ketentuan-ketentuan mengenai penulisan disertasi diatur oleh masing-masing fakultas/unit, dengan mengikuti standar universitas. Ketentuan yang berlaku di PPs UNY, alur penulisan disertasi didahului dengan proposal disertasi. Untuk menghasilkan proposal disertasi yang berkualitas maka harus diseminarkan di depan penguji dan teman sejawat agar mendapatkan masukan, saran demi kesempurnaan karya ilmiah tersebut.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu dan Kamis, 22 dan 23 Januari 2014 tersebut diikuti oleh 9 mahasiswa angkatan 2012 dan dihadiri oleh Promotor dan Co-Promotor. Hadir di antaranya Prof. Pardjono, Ph.D (Asdir I PPs UNY), Prof. Soenarto, Ph.D. (kaprodi S-3 PTK), Prof. Dr. Herminarto Sofyan, Prof. Zamroni, Ph.D., dan Prof. Dr. Sugiyono, Prof. Slamet PH., Ph.D., Prod. Dr. Husaini Usman, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D., Prof. Sukamto, Ph.D., Prof. Sukardi, Ph.D., dan Prof. Adhi Susanto, Ph.D.

Setiap mahasiswa memaparkan rancangan proposal disertasinya. Judul disertasi yang dipaparkan telah disetujui dalam rapat tingkat prodi PTK. Selanjutnya tanggapan dan masukan serta pertanyaan diberikan oleh tiap promotor dan co-promotor. Mahasiswa memperhatikan dengan seksama dan membuat catatan kecil. Dari kegiatan ini diharapkan para mahasiswa dapat lebih percaya diri dalam penyusunan disertasi mereka. (Rb)