Prodi PTK Mengadakan PTK

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu metode penelitian yang dirasa penting bagi guru khususnya bagi peningkatan kualitas pembelajaran. Namun demikian kondisi di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak guru yang belum mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan baik, termasuk dalam hal ini adalah guru-guru SMK di Kalimantan Selatan. Oleh karenanya berbagai upaya peningkatan kemampuan guru dalam hal penelitian tindakan kelas penting untuk dilakukan guna meningkatkan kualitas pembelajaran, kompetensi guru, dan pengembangan profesi guru yang akan berdampak pula pada peningkatan karir dan jabatan fungsional.

Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab pada kondisi tersebut, pada Sabtu dan Minggu, 6-7 Oktober 2012 di Ruang Aula Gedung Baru Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) mengadakan hajatan dengan pengadakan Pengabdian Pada Masyarakat. Pengabdian Pada Masyarakat kali ini mengambil tema "Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pelatihan Pengembangan Instrumen dan Analisis Data Guru-Guru SMK Provinsi Kalimantan Selatan" yang bertujuan 1) meningkatkan wawasan guru tentang penelitian tindakan kelas, dan 2) meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun desain penelitian tindakan kelas.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh sekitar 34 peserta yang bersala dari Guru-Guru SMK dari Provinsi Kalimantan Selatan. Pada saat tersebut disampaikan materi yang sangat menarik, yaitu 1) konsep Penelitian Tindakan Kelas, oleh: Prof. Pardjono, Ph.D., 2) Teknik Pengembangan Proposal Penelitian Tindakan Kelas, oleh: Dr. Putu Sudira, 3) Latihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas, oleh: Dr. Putu Sudira. Di samping materi tersebut ada kegiatan praktek maupun action plan yang dipandu oleh Bapak Prof. Soenarto, Ph.D., dan Bapak Dr. Wagiran. (sud).