Prodi PLS PPs UNY Kunjungi Sekolah Indonesia Singapore

Dalam rangka meningkatkan wawasan mahasiswa dalam dunia pendidikan non formal dan pendidikan anak usia dini, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan kunjungan studi bagi Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2014 pada tanggal 23 sampai 26 Agustus 2015. Negara tetangga, yaitu Singapore dan Malaysia menjadi destinasi kegiatan kunjungan studi tahun ini, dengan mengambil fokus di Sekolah Indonesia Singapore (SIS), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapore, serta di Fakultas Pendidikan  University of Malaya (UM).

Dengan beberapa destinasi utama kunjungan studi tersebut, kegiatan yang diikuti 28 mahasiswa dan 2 dosen pendamping ini dapat mendapat wawasan yang lebih terkait dengan pelaksanaan kegiatan pendidikan non formal yang dilaksanakan di Sekolah Indonesia Singapore (SIS) pada hari Minggu 23 Agustus 2015, dimana terdapat berbagai bentuk pendidikan kecakapan hidup  seperti kursus tata rias, menjahit, dan kursus lainnya bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Singapore yang mayoritas adalah perempuan. Proses kegiatan belajar mengajar di SIS sangat diminati oleh para TKI, hal itu terlihat dari banyaknya para TKI yang mengikuti program pendidikan di SIS, khususnya pada hari Minggu. Sedangkan kegiatan kunjungan di KBRI yang dilaksanakan pada hari Senin, 24 Agustus 2015 lebih menekankan pada peranan KBRI dalam memperjuangkan kesejahteraan bagi para TKI serta pendidikan bagi mahasiswa yang belajar di Singapore.

Memasuki hari ketiga kunjungan studi pada hari Selasa 25 Agustus 2015, rombongan telah tiba di Kuala Lumpur untuk melanjutkan kunjungan di University of Malaya (UM). Dalam kesempatan ini, peserta kegiatan disambut oleh Prof Maryani selaku Dekan dari Fakultas Pendidikan UM. Di UM, para peserta diajak belajar mengenai berbagai bentuk pembelajaran bagi anak usia dini. Di sini, mahasiswa dapat melihat berbagai bentuk APE yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran PAUD.

Dengan kegiatan kunjungan studi ini, diharapkan mahasiswa benar-benar mampu menimba ilmu dari berbagai bentuk kegiatan pendidikan, baik yang ada di Singapore maupun Malaysia, sehingga dapat diaplikasikan dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa. Sehingga tujuan utama kegiatan kunjungan studi ini benar-benar dapat tercapai. (Rofiq)