Prodi MPE Universitas Palangkaraya Menilik Tata Kelola Prodi MPE di PPs UNY

Rombongan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Palangkaraya (UPR) mengisi agenda kunjungan studi ke Program Pascasarjana UNY pada Selasa (31/5). Dalam agenda tersebut, rombongan dipimpin oleh Asisten Direktur II Program Pascasarjana UPR Dr. Abdul Djalil dan didampingi Kaprodi Magister Pendidikan Ekonomi (MPE) Dr. I Ketut Muder beserta dua dosen lainnya.

Para rombongan diterima oleh Prof. Dr. Sukidjo sebagai wakil dari Prodi Magister Pendidikan Ekonomi (MPE) PPs UNY. Dr. Abdul Jalil menyampaikan bahwa sebagai Program Studi yang baru dibuka, Magister Pendidikan Ekonomi UPR berkunjung ke UNY dengan maksud ingin mempelajari mengenai pengelolaan Program Magister Pendidikan Ekonomi PPs UNY. Tentunya maksud tersebut ditanggapi positif oleh Prof. Dr. Sukidjo. Selain menjelaskan mengenai pokok-pokok materi studi banding yang ditanyakan, Sukidjo juga menceritakan sejarah sigkat awal berdirinya Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi PPs UNY.

Beberapa mahasiswa dari UPR turut berperan aktif mengajukan pertanyaan. Sebagian dari mahasiswa mengajukan pertanyaan mengenai bagaimana kiat-kiat mahasiswa MPE PPs UNY dapat lulus terpat waktu. Sukidjo menyampaikan bahwa dalam proses belajar, mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi dibagi ke dalam beberapa kelompok belajar. Kelompok belajar tersebut digunakan mahasiswa sebagai wadah untuk bertukar gagasan dan fikiran, sehingga ketika ada kesulitan dalam memahami materi kuliah setiap mahasiswa dapat bertanya kepada anggota lain dalam kelompok. Selain itu tips lain adalah setiap dosen pembimbing tesis pada Prodi MPE hanya diperkenankan mengampu maksimal 2 mahasiswa, dengan begitu proses pembimbingan tesis akan lebih intens dan mahasiswa dapat lulus tepat pada waktunya. (Andrilia)

.