Prodi Magister Dikdas dan IK PPs UNY Terakreditasi A

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kembali menerbitkan akreditasi A untuk dua program studi (prodi) magister di Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah prodi Pendidikan Matematika (PM) dan Linguistik Terapan (LT) kemarin mendapatkan akreditasi A, kali ini dua prodi yang meraih pencapaian tertinggi dalam kualitas pendidikan perguruan tinggi tersebut adalah Prodi Pendidikan Dasar (Dikdas) dan Ilmu Keolahragaan (IK).

Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed., Rabu (20/1) mengatakan, selain dua prodi yang meraih akreditasi A, satu prodi lainnya meraih akreditasi B, yaitu Prodi Magister Pendidikan Kimia, yang merupakan prodi baru di TA. 2014. Kepastian pencapaian tersebut tertuang dalam SK BAN-PT Nomor. 1263/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2015.

Kaprodi Dikdas PPs UNY, Dr. M. Nur Wangid, M.Si., mengatakan, kali ini prodinya berhasil meningkatkan level akreditasinya setelah pada periode sebelumnya bertengger pada predikat B. “Ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran dan layanan akademik serta untuk menjawab tantangan dengan semakin tingginya animo mahasiswa pada prodi kami, “tuturnya.

Sementara itu, sekprodi Dikdas, Dr. Ali Mustadi, M.Pd. menambahkan bahwa proses akreditasi merupakan penilaian atas mutu dan kualitas prodi. Artinya, semakin tinggi nilai akreditasi maka semakin baik pula mutu prodi tersebut. “Kami harus bersyukur terhadap apa yang sudah kami raih selama ini, dan kami akan terus menjaganya,”katanya.

Selanjutnya, kaprodi Ilmu Keolahragaan (IK), Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. mengungkapkan kali ini prodinya berhasil mempertahankan keunggulannya setelah pada periode sebelumnya telah terakreditasi A. “Kami sangat bersyukur dan berbangga hati telah mampu menjaga prestasi yang telah dicapai oleh pendahulu kami yaitu (Alm.) Prof. Dr. Sukadiyanto, “tuturnya.

Keberhasilan pencapaian tersebut tak lepas dari bantuan berbagai pihak, salah satunya dari tim penjaminan mutu PPs dan UNY yang telah banyak memberikan masukan demi kesempurnaan borang akreditasi. Selain itu, juga bantuan tersedianya data dan informasi untuk pengisian borang oleh dosen, pegawai, alumni dan mahasiswa.

Sebagai prodi yang masih baru, tentunya masih minus alumni sehingga sudah sangat memuaskan ketika Pendidikan Kimia mendapatkan akreditasi B. “Semoga ini menjadi langkah awal yang baik bagi kami untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran. Harapannya pada akreditasi periode berikutnya bisa mendapatkan predikat unggul, “harap Dr. rer. nat. Senam, M.Si. selaku kaprodi.

Pengelola prodi yang telah menerima keputusan dari BANT-PT tersebut bertekad akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas prodinya. Berbagai upaya akan dilakukan seperti penambahan sarana prasarana akademik, pengembangan kurikulum, perluasan kerjasama, peningkatan jumlah penelitian, publikasi hasil karya mahasiswa dan dosen. Hal ini ditempuh agar dapat mempertahankan keunggulannya pada periode mendatang. (Rubiman).