PR Besar PPs UNY untuk Meningkatan Lulusan Berkualitas dan Mempersingkat Masa Studi

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta kembali menyelenggarakan Yudisium untuk Periode Januari 2011 pada Senin (31/01/11). Pada Yudisium Periode tersebut, PPs UNY berhasil meluluskan sebanyak 38 lulusan, yang meliputi 33 orang dari Program Magister (S2) dan 5 orang dari Program Doktor (S3), 7 diantaranya lulus dengan predikat CUMLAUDE dengan lama studi rata-rata 24-26 bulan.

Dr. Kirjan Nahdi merupakan salah satu lulusan Doktor yang lulus dengan predikat CUMLAUDE dengan masa studi tersingkat untuk jenjang Doktor yaitu 41 bulan. Beliau mewakili para peserta Yudisium untuk memberikan kesan dan pesan pada upacara Yudicium tersebut. Beliau menyampaikan beberapa tips dan motifasi agar dapat lulus tepat waktu. Motifasi utama yaitu tanggung jawab terhadap keluarga dan pekerjaan yang ditinggalkan selama studi. Hal tersebut yang menjadi landasan agar kita dapat memacu diri kita untuk fokus pada tujuan belajar dan selesai tepat waktu. Selain itu, program yang ditawarkan oleh PPs UNY yaitu Proyek Penulisan Proposal Tesis/Disertasi juga sangat membantu percepatan studi karena dalam program ini para mahasiswa ditutut agar membuat proposal penelitian.

Dalam sambutannya, Direktur PPs UNY, Prof. Soenarto, Ph.D menyampaikan bahwa PPs UNY terus berupaya untuk meningkatkan layanan sebaik-baiknya agar para mahasiswa dapat lulus tepat waktu. Projek penulisan tesis/disertasi yang diberikan pada semester pendek, merupakan salah satu layanan yang diberikan kepada mahasiswa agar mereka terpacu untuk segera menyusun tesis/disertasi sehingga mempersingkat masa studi mereka. Hal tersebut telah dibuktikan sendiri oleh Dr. Kirjan Nahdi seperti yang telah beliau utarakan pada sambutan sebelumnya. Terbukti pada awal tahun 2011 ini, rata-rata masa studi adalah 26 bulan dengan IPK rata-rata 3,50. Jumlah lulusan yang meningkat dengan masa studi yang singkat menjadi PR besar bagi pengelola di PPs UNY kedepan.