PPs UNY Tasyakuran Prodi S2 Teknologi Pembelajaran Terakreditasi A

Akreditasi perlu dilakukan sebagai upaya menjaga mutu program studi pada sebuah perguruan tinggi. Bagi program studi  yang memiliki kesiapan, akreditasi merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu sebagai alat legitimasi mutu pendidikan pada prodi  yang bersangkutan.

Program studi S2 Teknologi Pembelajaran (TP) PPs UNY telah melaksanakan proses akreditasi yang dimulai sejak akhir tahun 2012. Setelah dinilai oleh asesor dari BAN PT akhirnya pada tanggal 26 Oktober 2013 prodi TP mendapatkan predikat A (unggul) dengan nilai 362. Pedikat yang dicapai ini berlaku selama 5 tahun ke depan hingga 26 Oktober 2018. Capaian inilah yang patut disyukuri oleh civitas akademika PPs UNY.

Pada hari Selasa, 4 Februari 2014 Prodi TP melaksanakan syukuran akreditasi sekaligus perkenalan pegawai yang dirotasi dan tambahan 2 pegawai baru di PPs UNY. Acara yang digelar di Sendang Ayu Resto, Kalasan diikuti oleh para pejabat, pengelola, staf, dan beberapa mahasiswa TP.

Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. menyampaikan selamat kepada kaprodi, sekprodi, tim pengembang, dosen dan mahasiswa TP. Beliau juga mengharapkan predikat A yang berhasil dicapai oleh prodi TP dapat menginspirasi prodi lain yang sedang proses memperbarui status akreditasinya. “Akhirnya dengan mutu akreditasi yang unggul diharapkan mampu meningkatkan animo mahasiswa, kualitas pendidikan, menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi” tutupnya.

Selanjutnya, Ketua Prodi TP, Herman Dwi Surjono, Ph.D. selaku koordinator tim akreditasi mengucapkan terima kasih atas bantuan, dukungan dari semua pihak dalam proses akreditasi ini. Tak lupa beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada Direktur dan Asdir yang telah mendorong dan memberikan motivasi. Ucapan terima kasih diberikan pula kepada tim pengembang prodi, dosen TP, Kaprodi serta Sekprodi di PPs yang telah memberikan banyak masukan, staf administrasi PPs, dan mahasiswa yang telah banyak membantu.

Pada kesempatan yang sama, dikenalkan pula tiga (3) pegawai baru yang masuk ke PPs. Perkenalan dipandu oleh Asisten Direktur II, Prof. Dr. Muhyadi. Satu orang pegawai masuk ke PPs karena adanya rotasi yaitu Merry Suharini dari FMIPA, sedangkan 2 orang merupakan tenaga kontrak baru yaitu Doni Saputra dan Adhi Sumantri. Asdir II memberikan kesempatan para pegawai baru untuk memperkenalkan diri. Di akhir sambutan, beliau mengharapkan dengan adanya tambahan pegawai ini layanan perkuliahan di PPs UNY dapat meningkat dan berjalan dengan baik.

Pada sesi lain-lain, Tim Pengembang Prodi TP, Dr. Mukminan memberikan masukan dan motivasi agar dengan capaian akreditasi yang baik prodi TP bisa bersosialisasi untuk meningkatkan animo masyarakat untuk studi lanjut di TP. Bapak Direktur pun menggarisbawahi pesan tim pengembang agar semua prodi juga mensosialisaikan dirinya di berbagai acara dan tempat. Selain itu, kabar gembira juga beliau sampaikan yaitu sudah adanya ijin penyelenggaraan Prodi S3 Pendidikan Dasar di PPs UNY.

Acara diakhiri dengan jabat tangan ucapan selamat kepada kaprodi dan sekprodi TP, serta ucapan selamat datang kepada pegawai baru PPs UNY. (Rb)