PPs UNY Peduli Merapi

Keluarga besar Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY) ikut bela sungkawa atas musibah yang menimpa saudara-saudara Kami akibat Erupsi Gunung Merapi.

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Institusi Pendidikan di Yogyakarta mempunyai tanggung jawab moral dalam membantu saudara-saudara korban Bencana Merapi. PPs UNY bersama dengan Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas di UNY, Komunitas ELOMAJA (komunitas pencinta lingkungan dan dongeng ) dan berbagai elemen organisasi di UNY mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membantu korban bencana Erupsi Gunung Merapi.

PPs UNY melakukan penggalangan dana di lingkungan PPs UNY untuk membantu kebutuhan korban Merapi selama berada dalam pengungsian. Direktur PPs UNY, Prof. Soenarto, Ph.D memberikan himbauan kepada seluruh pimpinan, dosen, karyawan dan Mahasiswa PPs UNY guna menyisihkan sebagian dari pendapatannya guna membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah Erupsi Merapi.

Salah satu kegiatan yang telah dilakukan adalah "Trauma Healing" yang dilakukan pada hari Ahad 7 - 14 Nopember 2010 bertempat di tempat pengungsian Bencana Merapi di GOR UNY. Kegiatan yang dilakukan adalah dongeng disertai badut dan membatik yang dimulai pukul pukul 10.00 sampai dengan 16.30 WIB. Melalui kegiatan ini diharapkan para pengungsi Korban Merapi dapat mendapatkan pencerahan sekaligus hiburan agar tidak mengalami trauma akibat dahsyatnya letusan Gunung Merapi tahun ini.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah ikut serta dalam kegiatan memonitor, mengawasi dan mengelola kebutuhan para pengungsi di GOR UNY. Kegiatan ini melibatkan berbagai kalangan baik dari universitas, fakultas, jurusan dan program studi yang ada di UNY. PPs UNY mendapatkan jatah piket setiap hari untuk membantu kegiatan ini.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah pemberian bantuan  berupa pakaian dalam dan pakaian pantas pakai kepada pengungsi yang berada di Posko pengungsian GOR UNY.

PPs UNY juga memberikan bantuan nasi bungkus untuk makan pagi bagi para pengungsi di Posko GOR UNY sebanyak 500 bungkus. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Nopember 2010.

Total penerimaan sumbangan dari keluarga besar PPs UNY sampai dengan 22 Nopember 2010 berjumlah Rp. 6.805.000,-. Sedangkan total pengeluaran yang sudah dilakukan sebesar Rp. 4.995.000,-. Sehingga masih ada saldo sebesar Rp. 1.810.000,-. Insya Allah penggalangan dana masih terus dilakukan.

Kami sadar bahwa bantuan yang Kami berikan ini masih sangat sedikit, namun demikian Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara korban musibah Eruspi Gunung Merapi. bantuan ini merupakan wujud kepedulian dan kebersamaan warga negara Indonesia khususnya masyarakat Yogyakarta.