PPs UNY Luluskan 103 Magister dan Doktor

Pada tanggal 30 Juni 2014 yang bertepatan dengan bulan ramadhan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Upacara Yudisium. Yudisium kali ini diikuti oleh 103 peserta dan dihadiri oleh seluruh pejabat dan pengelola. Sebanyak 93 peserta diantaranya berasal dari Program Magister dan 10 peserta berasal dari Program Doktor. Hal yang lebih membanggakan dari yudisium ini adalah sebanyak 37 mahasiswa dari Program Magister dan 2 mahasiswa dari Program Doktor meraih predikat Cumlaude. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi, yaitu 3,98 diraih oleh saudari Roudlotus Sholikhah dari Program Magister Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dengan lama studi 21 bulan. Selain meluluskan mahasiswa yang berasal dari hampir seluruh daerah di Indonesia, yudisium bulan ini juga meluluskan satu orang mahasiswa asing dari Laos yang berasal dari program KNB (Kemitraan Negara Berkembang), yaitu Chanthaboun Keoviphone yang juga meraih predikat cumlaude dengan IPK 3,78.

Ucapan syukur dan rasa bangga juga disampaikan oleh saudara Louwis Jarfi, yang merupakan perwakilan mahasiswa dan berasal dari Papua. Bulan berganti bulan dan tahun pun berganti tahun, akan tetapi dengan perjuangan, tekad dan keuletan yang keras dari para mahasiswa, pada akhirnya mereka dengan kepuasan hati dapat menyelesaikan studi dan meraih gelar Magister serta Doktor sesuai bidang keilmuan masing-masing. Tentu saja suka dan duka menjadi pengiring mereka dalam melengkapi sebuah kesuksesan. Kesuksesan ini adalah buah dari kerja sama antara para dosen yang sudah mentransfer ilmu dan membimbing dengan para mahasiswa, tegasnya. Segunung harapan disampaikannya, melakukan yang terbaik untuk anak-anak bangsa adalah tugas dari kita, karena kita adalah “jembatan” untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Ucapan terima kasih serta pesan juga beliau sampaikan kepada seluruh pengelola PPs UNY, yaitu terus bersemangat dalam mendidik dan mencetak para lulusan terbaik serta terus maju dan tetap berjaya untuk hari ini dan hari-hari ke depan.

Dalam sambutannya, Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed., menyampaikan rasa bangga dan rasa senangnya karena pada upacara yudisium yang bertepatan dengan bulan ramadhan ini, hikmah yang besar karena telah meluluskan peserta yudisium dengan jumlah yang sangat banyak. Hal inilah bukti dari semangat dan kerja keras dari peserta yudisium dan setelah ini kembali ke dunia kerja merupakan tempat yang sesungguhnya untuk menunjukkan kualitas dari proses keilmuan yang sudah diperoleh di PPs UNY. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yudisium atas kepercayaan memilih PPs UNY sebagai tempat tinggal sementara untuk menimba ilmu. Sebagai penutup, beliau mengutarakan bahwa baik tidaknya nama baik almamater tergantung pada para lulusan, dengan harapan bahwa kesan yang baik sebaiknya diunggulkan setinggi-tingginya, asal tidak lupa pada tempat berpijaknya dan kesan yang jelek cukup disimpan dan menjadi sebuah tantangan untuk bisa memperbaiki. (tina)