PPs UNY Gandeng UPT PPD Kecamatan Depok Sleman Adakan PPM

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dengan UPT Pengelolaan Pendidikan Dasar (PPD) Kecamatan Depok Sleman mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) berupa Pelatihan dan Diseminasi Hasil Penelitian. Kegiatan dilaksanakan dua hari, Kamis dan Jumat, 19-20 November 2015 di ruang sidang PPs UNY.

Pada hari pertama, Dr. Teguh Setiawan, M.Hum. selaku pemandu mengajak peserta yang seluruhnya merupakan Kepala SD di wilayah Kecamatan Depok ini membahas masalah Manajemen Mutu Pengelolaan SD. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Asdir II, Prof. Dr. Muhyadi, sekaligus memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh peserta. Selanjutnya beliau memaparkan makalah berjudul “Standar Layanan Tenaga Administrasi Sekolah”.

Menurut beliau, sebuah organisasi sekolah pada level apapun dituntut untuk dikelola secara profesional. Sekolah melaksanakan kegiatan operasional seperti KBM dari penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan, penilaian proses hingga hasil belajar. Selain itu, sekolah juga melakukan kegiatan administratif seperti manajemen SDM, keuangan, informasi, sarana dan prasarana. Kegiatan di atas bisa dikelola secara profesional apabila dilakukan oleh tenaga yang kompeten di bidangnya.“Tanpa dukungan administrasi yang tertib, mustahil sekolah mampun menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi seperti yang diharapkan, “ungkap Guru Besar Administrasi ini.

Lebih lanjut beliau mengharapkan walaupun realita di sekolah banyak yang tidak memiliki tenaga administrasi, kepala sekolah/guru yang harus memiliki kemampuan dan keterampilan administrasi sekolah. ”Kami dalam hal ini jurusan Administrasi Perkantoran siap mendukung dan mendampingi pelatihan administrasi sekolah apabila diperlukan, “tutupnya.

Selanjutnya dipaparkan best practice yang dilakukan oleh Patna Sustiwi, M.Pd. Guru SD Percobaan 3 Pakem Sleman ini menyampaikan makalah berjudul “Keefektifan Penjaminan Mutu Standar Proses di SDN Kaliurang 2 Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman”.

Di hari kedua, kegiatan dipandu oleh Dr. Dimyati, M.Si yang menghadirkan peserta guru-guru IPA SMP se Kecamatan Depok. Kali ini diseminasi penelitian fokus pada pembelajaran berbasis proyek. Tampil sebagai pembicara pertama adalah Dr. Insih Wilujeng yang menyampaiakn makalah berjudul “Mendesain Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif serta Implementasinya”.

Dalam makalahnya, kaprodi S2 Pendidikan IPA ini menyampaikan beberapa jenis model pembelajaran seperti pembelajaran langsung, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berdasarkan masalah, dan pembelajaran berbasis proyek.

Dengan membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing model pembelajaran, diharapkan para guru dapat menerapkan salah satunya. Harapannya mampu meningkatkan penguasaan teknologi pembelajaran, dan kemandirian aktif peserta didik dapat tercapai.

Sebagaimana di hari pertama, pertemuan kedua ini juga ditampilkan best practice dari Riesmiyati, M.Pd. Guru SMP 5 Depok Sleman ini memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul “Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Aspek Keterampilan Proses IPA dan Kepedulian Lingkungan Siswa SMP”. Penelitian tersebut berhasil mengungkapkan keefektifan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PBP) dalam aspek keterampilan proses IPA dan kepedulian lingkungan siswa. (Rubiman).