PPs UNY Adakan Sarasehan Tema Penelitian Tesis

Tesis merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa jenjang  magister (S-2) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian sesuai bidang pendidikan yang digelutinya pada prodi masing-masing. Realita yang ada, tesis seringkali menjadikan beban bagi mahasiswa, sehingga sering terjadi para mahasiswa yang telah selesai menempuh teori dengan tepat waktu, pada saatnya harus menyusun tesis menjadi lama dan tertunda.
Tertundanya penyelesaian tesis, seringkali karena kurang pahamnya mahasiswa dalam metode penelitian. Selain itu, sulitnya dalam penentuan tema-tema sekaligus judul tesis memicu molornya penyelesaian tugas akhir mahasiswa magister ini. Untuk mengantisipasisi hal tersebut, maka sejak awal (sejak akhir semester I), PPs UNY memberikan fasilitas dalam sarasehan tema penelitian tesis untuk mendiskusikan permasalahan mahasiswa dalam menyelesaikan tesis.
Kegiatan sarasehan ini dilaksanakan agar mahasiswa memiliki pemahaman awal tentang tesis serta mewujudkan variasi tema penelitian. Selanjutnya kaprodi dan dosen dapat memberkan sosialisasi tema-tema penelitian pendidikan terikini. Bagi mahasiswa, sarasehan dapat menjadi sarana mempersiapkan judul-judul tesis mahasiswa lebih dini. Melalui sarasehan ini pada akhirnya dapat diwujudkan pemerataan pembimbing melalui pembagian kelompok-kelompok sesuai bidang keahlian dengan tema penelitian mahasiswa.
Pada bulan November hingga Desember 2017 ini, pimpinan dan pengelola PPs UNY telah, sedang, dan akan melakukan sarasehan ini, khususnya di akhir semester I setiap angkatan. Melalui forum ini, mahasiswa dituntun untuk dapat mengajukan sekurang-kurangnya dua judul tesis dalam tema-tema yang telah ditentukan. Adapun variasi bidang dalam penelitian tesis ini antara lain kurikulum, asesmen, strategi dan model pembelajaran, serta media pembelajaran, juga tidak menutup kemungkinan bidang yang lain yang diajukan mahasiswa selama disetujui dan tersedianya pembimbing yang sesuai.
Setelah mengikuti sarasehan ini, seluruh mahasiswa diharapkan telah memiliki judul tesis yang siap dikembangkan dalam mata kuliah proyek proposal tesis pada semester II. Selanjutnya daftar judul dan pembimbing tesis dapat segera diusulkan, sehingga mahasiswa bisa melakukan pembimbingan secara intens lebih awal. Harapannya mahasiswa dapat menyelesaikan tesis lebih cepat dan lulus lebih awal.
Secara umum, sarasehan ini sebagai upaya riil untuk mempercepat masa lulusan dan jumlah lulusan berpredikat cumlaude. Selain itu, dapat menurunkan rerata waktu lulus bagi mahasiswa, meningkatkan jumlah mahasiswa yang lulus dengan predikat cumlaude. Dampak panjang dan luasnya adalah peningkatan kualitas masing – masing  program studi, meningkatkan animo mahasiswa dan akreditasi. Akhirnya program studi bisa diperhitungkan dalam dunia pendidikan di tingkat nasional, regional, dan Internasional sesuai visi tiap prodi.  (Rubiman).
.