PKKMB PPS UNY DIIKUTI OLEH 1421 MAHASISWA

Pada tahun akademik 2017 ini, Program Pascasarjana UNY patut berbangga hati karena berhasil menerima sejumlah 1421 mahasiswa, dengan rincian 1251 untuk jenjang magister dan 170 jenjang doktoral. Dari mahasiswa sebanyak itu, masih didominasi oleh mahasiswa wanita sebanyak 840 orang atau 59%, sedangkan sisanya merupakan mahasiswa berjenis kelamin pria sebanyak 581 atau 41%. Sesuai dengan kebijakan UNY, dari sekian ribu mahasiswa baru tersebut, berhasil menjaring putra daerah merata dari 34 provinsi di Indonesia, yang didominasi mahasiswa asal Jawa Tengah sebanyak 27% dan DIY sebanyak 21%. Inilah sekelumit informasi yang disampaikan Dr. Moch. Bruri Triyono dalam pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) PPs UNY, Senin (21/8/2017) di Auditorium UNY.

“Selain tersebar dari 34 provinsi, kami juga menerima sebanyak 9 mahasiswa dari luar negeri melalui jalur Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dan 1 mahasiswa asing Program Reguler. Salah satunya yang hadir di sini adalah Xu Yonghong dari Guangxi, China yang mengambil prodi Pendidikan Ekonomi. Hal yang unik juga perlu kami sampaikan, dari sekian ribu ini, mahasiswa termuda berumur 20 tahun yaitu Dessy Lusyana Yustin dari Riau yang masuk ke prodi Pendidikan Kimia. Lebih hebat lagi mahasiswa doktoral termuda yaitu Arief Eko Priyo Atmojo asal Sragen, Jawa Tengah yang terlahir 1 November 1993,” ungkap Direktur PPs UNY ini yang disambut meriah oleh seluruh mahasiswa dan hadirin.

“Kami mengucapkan selamat atas capaian anda yang berhasil mengalahkan kompetitor dalam seleksi masuk dan resmi menjadi mahasiswa PPs UNY. Kami akan membantu mengantarkan anda meraih kesuksesan di kampus ini. Di sini ada Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) yang menjadi wadah pengembangan bakat dan soft skill mahasiswa. Pembimbing akademik yang akan selalu mengawal dan memantau perkembangan studi mahasiswa. Kami menerapkan Student Centre Learning. Silahkan mahasiswa pro akktif, belajar efektif dan efisien, motivatif, penuh improvisasi, hindari copy paste, banyak pertemanan, yang semuanya akan mendukung menuju studi tepat waktu,” imbuh Bruri.

Selain membuka secara resmi kegiatan tersebut, Direktur PPs juga memberikan kesempatan kepada pengelola yang hadir mulai dari Asisten Direktur, kaprodi, sekprodi, dan tim penjaminan mutu untuk memperkenalkan diri kepada mahasiswa. Dalam menyambut mahasiwa baru, PPs UNY telah melakukan penambahan sarana prasarana seperti ruang perkuliahan dan diskusi mahasiswa. Selain itu, ada terobosan baru yaitu pendampingan promotor dan pembimbing sejak semester 1. Pembimbingan penulisan artikel agar bisa publish di Jurnal juga dilakukan secara intens bukan hanya menjelang ujian akhir. Peltihan bahasa Inggris juga dilakukan untuk meningkatkan score TOEFL dan skill mahasiswa dalam berkomunikasi di era global.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan akademik PPs oleh Dr. Sugito, MA (Asdir I) dan seluk beluk IT UNY yang akan membantu studi mahasiswa oleh Dr. Priyanto (Kepala UPT Pusat Komputer). Selanjutnya pada hari kedua, Selasa (22/8) mahasiswa baru PPs bergabung dengan mahasiswa S1 dalam PKKMB tingkat kampus yang dilaksanakan di GOR UNY. (Rubiman)