PERINGATI HUT NKRI KE 70, KMP UNY KUNJUNGI YAYASAN SAYAP IBU CABANG DIY

Dalam rangka mengisi peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (HUT NKRI) yang ke 70, Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) melaksanakan kunjungan dalam rangka Charity Day (Hari Peduli) ke Yayasan Sayap Ibu Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta yang tepatnya berada Kadirojo Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta, pada hari Senin, 17 Agustus 2015. Kunjungan yang diinisiasi oleh Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM KMP UNY) dilaksanakan dari jam 14.00-17.20 WIB.

Dalam agenda kunjungannya, beberapa pengurus yang ikut, disambut oleh Ibu pengasuh yayasan, dan bertanya beberapa hal terkait dengan yayasan. Sebagai informasi Yayasan Sayap Ibu sudah berdiri sejak 37 tahun yang lalu dan memiliki beberapa cabang di beberapa kota seperti Jakarta, Serang dan Yogyakarta. Di Yogyakarta sendiri ada tiga cabang, yakni di Gejayan, Kalasan dan di daerah utara DIY. Jumlah penghuninya sejak berdiri sampai saat ini ada sebanyak 35 orang termasuk yang sudah meninggal 7 orang. Hal menarik lainnya adalah Yayasan Sayap Ibu sempat menjadi pembicaraan media ketika salah satu penghuninya yakni Putri Herlina dipinang dan diperistri oleh Reza Hilyard Somantri Anaknya mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia akhir 2013 lalu.

Dalam agenda kunjungannya KMP UNY ikut berpartisipasi dalam acara lomba-lomba dalam peringatan 70 tahun HUT NKRI yang diselenggarkan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKn) dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Sanata Dharma angkatan 2012. Ada 17 mata lomba yang dilombakan diantaranya lomba mengumpulkan koin yang diselipkan di buah melon yang ditaburi kecap, lomba jalan bakiak, lomba menggiring balon, lomba joged sambil menghimpit balon, lomba balap makan kerupuk, lomba memasukan paku ke dalam botol, lomba memindahkan kelereng dengan sendok dan lain-lain.  Semua penghuni termasuk pengasuh dan pengunjung dalam setiap mata perlombaan. Diakhir perlombaan diumumkan pemenang setiap perlombaan, terlihat semua bersuka cita menerima hadiah yang disediakan oleh panitia.

Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, rombongan pengruus KMP UNY memhadiahkan alat tulis dan makanan ringan untuk anak-anak panti, kebetulan di Yayasan Sayap Ibu juga ada Sekolah Luar Biasa untuk anak panti yang mampu didik. Siswanya tidak hanya dari anak Yayasan Sayap Ibu tetapi juga dari warga sekitar.

Ketika diwawancarai, Ence Surahman, S.Pd selaku Ketua KMP UNY menyampaikan, “Alhamdulillah dalam peringatan HUT NKRI ke 70 ini, kita berkesempatan untuk mengasah empati kita kepada sesama insan, kita belajar untuk bersyukur atas kesempurnaan nikmat Tuhan, disamping itu itu juga mesti sadar betul bahwa pengembangan ilmu pengetahuan dan proses pendidikan harus adaptif dengan kebutuhan dan kondisi serta karakteristik peserta didik. Saya sangat kagum kepada para pengasuh dan pembimbing yang mengabdikan dirinya untuk hidup bersama anak-anak panti, mereka begitu sabar mengayomi semua kebutuhan perkembangan hidup anak-anak panti, inilah refleksi kemerdekaan dalam dimensi pendidikan yang hakiki” pungkas mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan PPs UNY asal Garut ini.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan kunjungan KMP UNY, salah satu relawan dari pengurus Biro Minat dan Bakat KMP UNY yakni Saudari Niluh Putu Wiardani Astuti, S.Pd mahasiswi Program Studi Pendidikan Seni PPs UNY akan meluangkan waktunya untuk melatih tari kepada anak-anak panti Sayap Ibu. Kegiatan pelatihan sendiri akan dilaksanakan setiap dua kali dalam seminggu bekerjasama dengan pelatih seni yang lain seperti seni tarik suara, seri rupa/menggambar dan lain-lain. (Humas Media KMP UNY)