Pengembangan Model Pembelajaran Bidang Keahlian Elektronika Industri Berbasis Metakognisi Siswa SMK

Dr. Purnamawati, M.Pd merupakan Doktor ke-97 PPs UNY dan Doktor ke-15 dari Prodi PTK. Dalam disertasi yang berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran Bidang Keahlian Elektronika Industri Berbasis Metakognisi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan" tersebut, beliau memfokuskan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran bidang keahlian elektronika industri berbasis metakognisi siswa (MPBKEI-BMs) dan perangkat pembelajaran di SMK yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, dan mengembangkan MPBKEI-BMs dan perangkat pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan metakognitif.  Pengembangan MPBKEI-BMs tersebut dimaksudkan untuk membekali siswa pengetahuan dan keterampilan metakognitif, sehingga diharapkan dapat menjadi pembelajar yang mandiri.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa pengembangan MPBKEI-BMs ditempuh melalui dua tahap, yaitu: (1) tahap prapengembangan, meliputi: fase investigasi awal, fase desain, dan fase realisasi; dan (2) tahap pengembangan, yaitu: fase tes, evaluasi, dan revisi. Subjek coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri dan Swasta di Kota Makassar. Sedangkan produk yang dihasilkan melalui tahap pengembangan dilakukan melalui validasi ahli & praktisi pendidikan kejuruan dan bidang keahlian elektronika industri. Data yang diperoleh dalam penelitian tersebut, meliputi data: (1) validitas instrumen, model, dan perangkat pembelajaran; (2) keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respons siswa; dan (3) kompetensi hasil belajar siswa.

Hasil dari penelitian beliau dapat diketahui bahwa guru dalam pembelajaran saat ini belum melakukan inovasi dengan memasukkan beberapa komponen (mengetes kemampuan awal siswa tentang jobsheet dan diskusi kelompok). Selain itu, penelitian beliau juga menghasilkan model pembelajaran pada bidang keahlian elektronika industri berbasis metakognisi siswa (MPBKEI-BMs) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) valid yang ditunjukkan oleh hasil expert judgment & praktisi.  MPBKEI-BMs dalam pelaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium dapat menstimulir motivasi belajar siswa dalam memecahkan masalah dan membangun kreativitas sendiri dalam memecahkan masalah melalui penggunaan pengetahuan dan keterampilan metakognitif yang dimilikinya.