Pengembangan Kurikulum Kompetensi untuk Hadapi Dunia Industri

Bulan Agustus ini merupakan bulan berkah bagi PPs UNY. Setelah meluluskan ratusan mahasiswa dalam yudisium beberapa waktu yang lalu, kali ini disusul dengan ujian promosi doktor oleh beberapa mahasiswa doktoralnya.

Pada hari Sabtu, 23 Agustus 2014 giliran dosen FT UNJ, Rina Febriana, S.Pd., M.Pd. mendapat girliran untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dalam Ujian terbuka dan Promosi Doktor Program Pascasarjana UNY yang bertempat di Ruang Sidang PPs UNY. Pada sidang terbuka ini promovendus memaparkan hasil penelitian untuk penyelesaian disertasinya yang berjudul “Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi  pada Program Diploma 3 Tata Boga”.

Promovendus melakukan penelitian tersebut untuk menjawab tantangan saat ini. Pesatnya perkembangan di dunia industri secara umum juga berpengaruh kepada industri tata boga khususnya di dunia perhotelan. Menurutnya, “masalah yang sering muncul dalam pendidikan tata boga adalah jarak antara kualifikasi yang dimiliki lulusan dengan kualifikasi yang dipersyaratkan oleh user (dunia kerja) yang disebabkan kurikulum yang seringkali berubah.”

Penelitian promovendus ini bertujuan untuk ; (1) mendeskripsikan proses perencanaan dalam pengembangan kurikulum berbasis kompetensi pada program Diploma 3 Tata Boga; (2) penerapan kurikulum berbasis kompetensi pada program Diploma 3 Tata Boga; (3) proses evaluasi kurikulum berbasis kompetensi pada program Diploma 3 Tata Boga. Lebih lanjut, “penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadopsi model Borg & Gall”,  imbuhnya.

Kegiatan penelitian dimulai dengan mengumpulkan data dan informasi mengenai produk yang akan dikembangkan, yakni model kurikulum berbasis kompetensi, penilaian pencapaian kompetensi, dan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja. Kegiatan pengembangan dilakukan berdasarkan data dan informasi hasil penelitian, menyusun produk konseptual, dan menganalisis produk yang akan dikembangkan melalui FGD, teknik Delphi, ujicoba terbatas dan ujicoba diperluas. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan expert judgment.  Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh kurikulum berbasis kompetensi yang memuat: profil lulusan, rumusan kompetensi, model pembelajaran, dan rubrik pencapaian kompetensi.

Penelitian yang dibawah bimbingan promotor Prof. Dr. Anik Ghufron dan Prof. Soenarto, Ph.D. mampu dipertahankan promovendus dengan baik di hadapan tim penguji yang diketuai oleh Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed.

Berdasarkan sidang tim penguji, keputusan yang dibacakan ketua bahwa promovendus berhak mendapatkan gelar doktor kependidikan dalam bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dengan predikat Sangat Memuaskan. Dr. Rina Febriana merupakan doktor lulusan PPs UNY ke 238 dan ke 66 pada prodi PTK. (Rb)