Pelatihan Web bagi Karyawan dan Teknisi Pascasarjana UNY

Saat ini internet sudah mendunia. Website merupakan salah satu unsur di dalamnya. Halaman web merupakan media promosi dan sosialisasi yang mudah, murah,  dan menarik bagi sebuah perusahaan ataupun lembaga pendidikan seperti Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Ada banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh dalam membangun website untuk instansi atau perusahaan antara lain, mempromosikan keberadaan nama instansi/perusahaan kepada masyarakat dunia umumnya serta masyarakat Indonesia khususnya. Selain itu, kita dapat menyediakan informasi yang lengkap tentang profil instansi/perusahaan, visi dan misi, fasilitas- fasilitas yang disediakan, informasi mengenai layanan (service) yang diberikan, sampai dengan mambangun sebuah komunitas di dunia maya.
Melalui website juga mempermudah untuk dapat mengumpulkan tanggapan kritik dan saran dari masyarakat dunia terhadap mutu lembaga, membangun citra lembaga di mata masyarakat luas, dimana hal tersebut direpresentasikan pada tampilan website. Bagi konsumen atau masyarakat umum dapat dipermudah untuk mendapatkan segala informasi mengenai data-data lembaga atau pun pelayanan yang diberi.
Untuk mengoptimalkan fungsi tersebut, Bagian Kerjasama dan Humas PPs UNY mengadakan pelatihan web bagi karyawan dan teknisi. Pelatihan ini diadakan di Laboraturium Komputer dengan narasumber Kepala Divisi Pengelolaan Web UPT Puskom UNY, Didik Hariyanto, M.T., didampingi admin web UNY Henry Lutfidwianto S., S.Pd.T.  pada Jumat, 25 Oktober 2013.
Dalam pelatihan ini disampaikan bagaimana cara update informasi dalam website Pascasarjana UNY yang beralamat di http://pps.uny.ac.id. Peserta sudah dibuatkan username oleh admin UNY. Setelah login, diminta edit profil masing-masing dengan ganti pasword, email lalu disimpan. Dalam pengelolaan sebuah web dikenal dengan adanya admin. Setelah itu, peserta dikenalkan cara pengelolaan web mulai dari buat berita, pengumuman, even, update lowongan, artikel dan menu lainnya. Selain itu, disampaikan juga cara menyisipkan image/gambar/foto, video, link  dan file lampiran di dalam sebuah berita. Sehingga diharapkan semua peserta dapat ikut andil dalam mengupdate informasi yang disampaikan dalam wesite PPs UNY. Dengan begitu akan tercipta sebuah halaman web yang up-to-date yang dapat memberikan informasi yang aktual kepada masyarakat khususnya mahasiswa.
Setelah mendapatkan pelatihan singkat tersebut, muncul ide dari peserta. Mereka mengusulkan untuk menambah content Warta Pasca, Jurnal PPs, dan link ke Tracer Study sehingga masyarakat khususnya mahasiswa dapat juga membaca dan mengetahui buletin dan jurnal terbitan PPs UNY. Selain itu, juga dipisahkan pengelola perpustakaan, berita, even, artikel, lowongan, pengumuman dan jurnal untuk mengoptimalkan dalam update informasi. (Rb)