Pelatihan Mendeley dan Desain Grafis Bagi Pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY 2019

Sabtu (09/03), KMP PPs UNY menyelenggarakan Pelatihan Mendeley dan Desain Grafis bagi pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY 2019. Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama untuk pelatihan Mendeley dan sesi kedua untuk pelatihan design grafis. Empat orang pemateri dalam pelatihan ini berasal dari anggota KMP UNY dan dari demisioner KMP UNY. Pelatihan ini merupakan program kerja dari bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan bidang Hubungan Masyarakat (Humas). KMP UNY melaksanakan Pelatihan Mendeley sebagai salah satu upaya untuk menaikkan sitasi dan untuk kerapian referencing style dalam penulisan karya ilmiah. M. Fachrullah Ammal, S.Pd, selaku pemateri menjelaskan bahwa sitasi sangatlah penting dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Dalam pelatihan ini, peserta dibimbing mulai dari proses instalasi aplikasi Mendeley Desktop, proses pendaftaran akun, dan cara sitasi baik itu dari jurnal maupun e-book. Selain itu, peserta juga dibimbing untuk membuat referensi dengan cara yang lebih mudah menggunakan aplikasi Mendeley. Dalam hal ini, para peserta bisa menerapkan style apa yang digunakan sesuai dengan ketentuan yang ada di universitas. Diharapkan dengan adanya pelatihan sitasi dan penyusunan referensi ilmiah menggunakan Mendeley ini dapat meningkatkan kualitas penelitian dari mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Sesi pertama untuk pelatihan Mendeley ini berlangsung dari jam 08.30-10.30 WIB dan dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu pelatihan desain grafis.

Pada sesi kedua, yaitu pelatihan desain grafis, setiap peserta juga dibimbing dari dasar yaitu dari pengenalan menu bar dan tool box yang ada di aplikasi Corel Draw. Dalam pelatihan ini, beberapa anggota dari bidang Humas juga turut mendampingi peserta untuk membantu pemateri. Dari pelatihan ini diharapkan benar-benar ada output yang diperoleh, guna meningkatkan kualitas SDM para pengurus KMP UNY mengingat pentingnya keterampilan desain grafis untuk merancang flyer kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan. Oleh karena itu, pelatihan ini akan terus dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan. Selain itu, peserta yang mengikuti pelatihan wajib mengirimkan hasil karyanya agar bisa dievaluasi dalam setiap pertemuannya. (rud/ant)

.