Paper Intensive Class III dan IV KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY kembali melanjutkan Paper Intensive Class. Pada pertemuan pertama dan kedua yang lalu telah dibahas secara mendalam bagaimana menggali ide tulisan, melatih sensitivitas, menuangkan ide ke dalam tulisan, mengembangkan paragraf, dan tahapan dalam menulis paper yang baik. Pertemuan ketiga yang diselenggarakan pada hari Selasa, 25 November 2014 kembali menghadirkan Dr. Ali Mahmudi.

Pada pertemuan kedua, seluruh peserta telah diberikan tugas untuk membuat sebuah karya tulis (paper), yang selanjutnya akan dibahas pada pertemuan ketiga. Jumlah karya tulis peserta yang masuk ke email KMP UNY cukup banyak, dengan berbagai judul yang menarik.

Pada pertemuan ketiga ini, beberapa peserta diminta untuk mempresentasikan karya tulis (paper) yang telah dibuat. Presenter pertama, yaitu mahasiswa LT 2014 (B.Inggris) bernama Desi Sugiarti, S.Pd. Judul karya tulis (paper) yang dipresentasikan oleh Desi, yaitu "Information-Gap Activities The English Speaking Skills of Indonesia Students". Ia tampil sangat percaya diri dan memukau. Dari awal hingga akhir presentasinya disampaikan menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar. Begitu pula dengan presenter kedua, yaitu Bayu Rahmat Setiadi, S.Pd. (PTK 2013). Bayu sudah memiliki banyak pengalaman dan sering tampil di berbagai seminar nasional sebagai presenter. Pada  kesempatan kali ini ia mempresentasikan salah satu makalah yang merupakan tugas kuliahnya, yaitu tentang pengembangan metodologi perancangan 3E (Eco-Efe-Efi). Karya tulis tersebut dibuat dengan menggunakan kajian literatur, memberikan sebuah gagasan tertulis tentang metodologi perancangan baru yang ekonomis, efektif, dan efisien sehingga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk proyek akhir.

Di setiap akhir presentasi, seluruh peserta diberikan kesempatan untuk bertanya, memberikan kritik & saran, serta komentar terhadap karya tulis (paper) yang telah disajikan. Para peserta terlihat sangat antusias, sehingga tercipta sebuah forum diskusi yang menarik.

Pada akhir diskusi, Dr.Ali Mahmudi tentu saja juga memberikan komentar, kritik & saran perbaikan untuk karya tulis (paper) yang telah disajikan oleh setiap peserta, juga untuk karya tulis yang telah dikirimkan peserta ke email KMP UNY. Beliau sangat mengapresiasi semangat menulis yang kuat dari seluruh peserta. Selain itu, beliau juga memberikan materi tambahan yang berkaitan dengan penulisan jurnal secara umum.

Paper Intensive Class IV dilaksanakan pada hari Kamis, 27 November 2014. Kelas terakhir dari rangkaian acara Dialog Anti Plagiat dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah KMP UNY ini diselenggarakan di Ruang 306 A Gedung Lama. Acara dimulai pukul 13.30 dan hadir sebagai pemateri adalah Dr. Wagiran. Beliau adalah Kaprodi S1 Pendidikan Teknik Mesin. Karya tulis, baik jurnal maupun buku teks telah banyak beliau hasilkan.

Di awal pemaparan, Dr. Wagiran menyampaikan bahwa salah satu indikator kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari jurnal yang dipublikasikan. “Sebagian besar mahasiswa setelah penelitian dan karya tulis selesai dibuat lupa masih ada tahapan yang harus dilakukan, yaitu mempublikasikannya”, terang beliau. Jika dibandingkan dengan negara tetangga, Singapura, Malaysia, dan Thailand reputasi publikasi ilmiah negara kita masih tertinggal. Oleh karena itu DIKTI mensyaratkan lulusan S2 wajib mempublikasian karya tulis di jurnal nasional dan mahasiswa S3 di jurnal internasional.

Penjelasan berikutnya adalah strategi publikasi jurnal. Beliau menerangkan bahwa hal penting yang perlu diperhatikan adalah karakteristik jurnal yang akan dituju. Hal ini penting agar naskah yang telah disusun tidak salah alamat. Selain itu, hal yang tidak boleh dilupakan adalah penyesuaian  tulisan terhadap ”gaya selingkung” dari jurnal yang dituju. Di akhir penjelasan beliau memberikan contoh jurnal-jurnal di bidang pendidikan. Mahasiswa PPs UNY patut berbangga karena Jurnal HEPI merupakan jurnal yang telah lama mempertahankan akreditasinya. (KMP)