Paper Intensive Class I bersama Dr. Ali Mahmudi

Sebagai tindak lanjut "Dialog Anti Plagiat dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah" KMP UNY yang telah diselenggarakan pada tanggal 18 Oktober 2014, maka KMP UNY mengadakan Paper Intensive Class. Kelas intensif ini akan dilaksanakan selama tiga pertemuan. Pada pertemuan pertama kali ini, Sabtu 15 November 2014, hadir sebagai pembicara adalah Dr. Ali Mahmudi, beliau adalah dosen Prodi Pendidikan Matematika PPs UNY sekaligus Ketua Program Studi S1 Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dan dihadiri oleh pengurus KMP UNY beserta peserta "Dialog Anti Plagiat dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah" berjumlah sekitar 50 orang. Selain materi dasar mengenai penulisan karya ilmiah, Dr. Ali Mahmudi juga memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta untuk berani menulis. "Cara menghafal yang paling baik adalah dengan memahami. Cara memahami yang paling baik adalah dengan menjelaskan. Dan cara menjelaskan paling baik adalah dengan menulis", terang Pak Ali menjelaskan.

Syarat untuk menjadi penulis di antaranya adalah: pertama, gemar membaca. Sebagaimana teko yang berisi air, seperti itulah ilmu yang dimiliki seseorang. Semakin baik dan banyak ilmu yang dimiliki semakin baik dan banyak pula apa yang ia tulis. Kedua, memiliki pikiran "terbuka" dan memiliki ketidakpuasan yang konstruktif. Artinya seorang penulis harus meluaskan pandangannya, tidak seperti "kaca mata kuda" serta tidak cepat puas atas apa yang ia tulis. Selalu dibaca kemudian direvisi. Ketiga, fokus dan peduli pada kedetailan. Lebih khusus dalam penulisan paper maupun tesis. Bahasan harus fokus dan tidak melebar sehingga dibutuhkan batasan-batasan yang jelas. Selain itu, hal-hal teknis seperti: penomoran halaman, ukuran dan jenis huruf harus tetap diperhatikan meskipun kadang terlihat sepele.

Poin lain yang dibahas oleh Dr. Ali Mahmudi mengenai cara menemukan permasalahan dan mengkonstruk permasalahan tersebut menjadi karya tulis yang baik.

Setelah seluruh materi disampaikan, diadakan diskusi dan tanya jawab dengan seluruh peserta. Pembawaan Dr. Ali Mahmudi yang easy going mengundang diskusi dan pertanyaan yang sangat antusias. (Agphin)