Nostalgia dalam Temu Alumni Yang Mengesankan

Dalam rangka Dies Natalis ke-50, Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan reuni akbar dan sarasehan yang dilaksanakan oleh Ikatan Alumni UNY (IKA UNY) pada Sabtu, 17 Mei 2014 di GOR UNY. Kegiatan ini dihadiri oleh ribuan alumni IKIP Yogyakarta yang pada tahun 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Yogyakarta.

Setelah mengikuti sarasehan di GOR kebanggaan UNY tersebut, para alumni bernostalgia ria ke fakultas dan prodi masing – masing. Begitu pula bagi alumni PPs UNY sejak angkatan pertama tahun 1993 hingga lulusan 2013. Suasana hangat dan akrab sangat terasa dalam reuni kali ini.

Setelah dirasa cukup ngobrol santai sesama alumni, mereka menyatu dalam sarasehan dan diskusi alumni di aula PPs UNY. Acara ini dipandu oleh Dr. Kulsum Nurhayati dan Dr. Harun yang merupakan alumni S3 PEP.

Sebagai ketua AAM (Asosiasi Alumni dan Mahasiswa) PPs, Dr. Samsul Hadi memberikan sambutan selamat datang kepada alumni. Dalam sambutannya Pak Samsul mengharapkan masukan dan sharing pengalaman untuk penyempurnaan dan perbaikan layanan akademik. Selain itu, reuni sebagai ajang nostalgia dan keakraban mengenang suka duka pada masa perkuliahan di PPs UNY.

Selanjutnya, Direktur PPs, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed., merasa gembira kedatangan tamu- tamu istimewa, para alumni yang telah punya jabatan strategis di instansi masing-masing. Maka dalam sambutannya, beliau mengharapkan informasi dan sharing pengalaman dari alumni. Selain itu, masukan, kritik, dan saran sangat diharapkan untuk perbaikan dan kemajuan PPs UNY pada masa yang akan datang. Temu alumni sebagai sarana menjalin ikatan persaudaraan. PPs UNY yang sudah berjalan sejak 1981 hingga 2014 ini telah dipimpin oleh beberapa direktur yang punya kenangan tersendiri setiap periode. Saat ini, animo masuk PPs UNY semakin meningkat dan akan adanya mandat penyelengaraan 13 prodi maka perlu diimbangi ketersediaan fasilitas dan pelayanan akademik. Untuk itu sumbangsih, pemikiran dan masukan dari para alumni sangat diharapkan.

Dalam sarasehan ini muncul pendapat, masukan, dan kenangan selama kuliah di green campus ini. “Kenangan manis dan pahit, suka duka kuliah di UNY sudah terbayarkan dengan kepercayaan dan jabatan strategis di instansi masing-masing”, kilah Dr. Muhammad Yahya, dari FT UNM. Selain itu, gagasan agar alumni punya wadah komunikasi yang mudah diakses di antaranya milis, grup di Facebook juga disampaikan oleh Abdullah Hamid, M.Pd. dari UIN Sunan Ampel Surabaya

Alumni TP, Sri Maryani, M.Pd. mengemukakan berkaitan dengan kurikulum 2013 yang sangat komplek, para alumni mengharapkan agar PPs UNY membantu kemudahan akses tutorial, referensi di perpustakaan UNY.

Lain lagi dengan Dr. Das Sarilawati. Dosen FMIPA UNY yang juga peserta Stand Up Comedy (SUC) di Metro TV ini perkuliahan di PPs UNY sudah berjalan dengan baik. Lama lulusnya kuliah bergantung dari irama belajar dan manajemen waktu dari setiap mahasiswa bukan dari birokrasi kampus dan kesibukan dosen. Pada umumnya menilai kualitas pembelajaran di PPs UNY sudah baik, dosen sudah sesuai dengan kompetensinya.

Di akhir acara para alumni mendapatkan hiburan gratis dengan penampilan Dr. Das Sarilawati atau lebih dikenal dengan Wati Salsabila SUC di Metro TV. (Rb)