MODEL EVALUASI KINERJA GURU PASCA SERTIFIKASI

Jumat, 10/01/2014, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) PPs UNY kembali mengadakan PEP English Speaking Club bertempat di ruang 315 PPs UNY. Pada kesempatan tersebut Sekprodi PEP, Prof. Dr. Badrun Kartowagiran berkesempatan menjadi presenter. Dalam paparannya, beliau menyampaikan ringkasan hasil penelitiannya yang berjudul “Model Evaluasi Kinerja Guru Pasca Sertifikasi”.

Dalam paparannya, Prof. Badrun menyampaikan bahwa penelitian tersebut bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi kinerja guru pasca sertifikasi, yang terdiri atas: (1) prosedur evaluasi kinerja guru pasca sertifikasi, (2) instrumen yang digunakan untuk evaluasi kinerja guru pasca sertifikasi, dan (3) panduan dalam melakukan evaluasi kinerja guru pasca sertifikasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa pascasarjana agar cepat lulus dengan cara melibatkan mereka dalam penelitian.

Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahun. Pada tahun pertama (2011), yang dilakukan adalah mengkaji dan merevisi prosedur model evaluasi kinerja guru yang telah dikembangkan tahun 2009 dengan mempertimbangkan masukan dan hasil penelitian anak payung. Tahun kedua (2012), yang dilakukan adalah mengembangkan instrumen yang digunakan untuk menilai kinerja guru, yang terdiri atas: (1) instrumen nomor 1, yakni soal tes keahlian guru (misal, Matematika, Bahasa Inggris, dan Fisika), (2) instrumen nomor 2, yakni instrumen untuk menilai portofolio  terkait dengan pengembangan profesionalisme guru, misal karya ilmiah, penelitian tindakan, keikut sertaan guru dalam pelatihan dan seminar, (3) instrumen nomor 3, yakni instrumen untuk menilai kemampuan mengajar guru, dan (4) instrumen nomor 4, yakni  instrumen untuk menilai kompetensi kepribadian dan sosial guru. Tahun ketiga (2013) yang dilakukan adalah mengembangkan panduan yang akan digunakan untuk melakukan evaluasi kinerja guru pasca sertifikasi.

Penelitian menghasilkan hasil penelitian setiap tahunnya. Hasil penelitian tahun pertama adalah prosedur evaluasi kinerja guru pasca sertifikasi. Hasil penelitian tahun kedua adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kinerja guru yang terdiri atas: instrumen nomor1,  instrumen nomor 2, instrumen nomor 3, dan instrumen nomor 4. Hasil penelitian tahun ketiga (2013) berupa panduan pelaksanaan evaluasi guru pasca sertifikasi dan buku model Evaluasi kinerja guru.

Dalam penutupannya, Prof. Badrun menyampaikan bahwa perlunya penelitian lanjutan dari penelitian ini yaitu utamanya ujicoba terhadap model yang telah dikembangkan. (Agt)