Menilik Peran Sekolah Indonesia di Negeri Jiran

Sebagai bagian dari Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, mahasiswa S2 PPs UNY diwajibkan untuk melaksanakan studi laboratorium di instansi atau lembaga yang dapat menunjang, meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman mahasiswa yang tentunya berhubungan dengan prodi yang dipilih. Hal ini sebagaimana telah dilakukan mahasiswa S2 prodi Manajemen Pendidikan kelas kerja sama Ditjen P2TK (Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) yang dilaksanakan dari tanggal 6 – 9 September 2016.

Kegiatan mahasiswa ini didampingi oleh dosen pembimbing yaitu Dr. Udik Budi Wibowo, M.Pd. Sekolah Indonesia Kuala Lumpur memiliki peran strategis dan menjadi garda terdepan diplomasi pendidikan di Malaysia dalam konteks pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan hasil wawancara dan diskusi dengan Kepala Sekolah SIK, Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd., sejak SIK berdiri pada tanggal 10 Juli 1969, SIK konsisten berkiprah memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat Indonesia di Malaysia yang mengacu pada dasar pendidikan nasional.

Siswa SIK menjadi pionier yang patut dibanggakan dalam berbagai ajang bergengsi seperti selalu meraih juara umum di lomba antar Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) dan juga aktif ikut serta dalam event-event yang diselenggarakan di tingkat nasional. Selanjutnya mahasiswa diajak untuk berkeliling di sekitar komplek SIK dan melakukan observasi kepada semua komponen yang tersedia berdasarkan pedoman observasi yang disediakan sebelumnya. (Imi)

Comments

Comment: 

Terima kasih kpd semua pihak yg telah bekerja sama dan membantu suskesnya kegiatan tersebut dan sudah diposting di web pasca UNY