Mengulas Metodelogi Penelitian Bidang Ilmu Sosial dari University of Glasgow Inggris

Program Studi Pendidikan IPS membuka peluang diskusi mengenai penelitian di bidang ilmu sosial. Diskusi diawali dengan diadakannya kuliah umum bersama Dr. Clare McManus dari University of Glasgow, Inggris pada Rabu (21/3/2018) dengan tema “Research Methods in Social Sciences”. Kuliah Umum diikuti oleh lebih dari 40 mahasiswa memenuhi ruang sidang Pascasarjana UNY yang dimoderatori oleh Bapak Dr. Amika Wardana. 

Dr. Clare memaparkan bagaimana memulai penelitian di ranah sosial yang diawali dengan membuat pertanyaan dan mencari masalah sosial yang ada disekitar kita.  Pencarian dapat ditemukan dengan sangat mudah, mulai dari media koran, televisi dan media online. Poin utama yang ditekankan adalah menemukan pertanyaan dalam bentuk permasalahan yang bisa dipecahkan melalui penelitian. Pertanyaan yang dimunculkan harus detail dan spesifik agar memudahkan peneliti dalam menemukan solusinya melalui penelitian. 

Penyampaian menggunakan aksen Britsh yang kental dalam diskusi, menjadi daya tarik sendiri bagi mahasiswa yang hadir. Dapat terlihat dari antusiasnya mahasiswa dalam bertanya dan diskusi terkait penelitian tesis yang sedang mereka hadapi. Mahasiswa yang bertanya, tidak hanya mendapatkan jawaban dari Dr. Clare melainkan juga mendapatkan hadiah berupa USB dari University of Glasgow. Diskusi yang hanya berlangsung selama hampir 100 menit ini, membahas hanya bagian luar mengenai metode penelitian di ilmu sosial. Dr. Clare berharap “semoga saya dapat melanjutkan materi ini di pertemuan yang akan datang” tutur Beliau. (dwgt)

.