MASDUKI RAIH GELAR DOKTOR BERPREDIKAT CUMLAUDE MELALUI RISET SPPK

Masduki Zakarijah, berhasil mempertahankan disertasinya dalam sidang promosi doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan  di Program Pascasarjana (PPs) UNY, Jumat (21/07/2017). Direktur PPs UNY, Dr. Moch. Bruri Triyono mengukuhkan Masduki sebagai doktor ke 381, yang dengan capaian predikat  Cumlaude/Dengan Pujian dengan disertasi berjudul "Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (SPPK) bagi Kepala SMK."

Dalam ujian terbuka tersebut, dosen Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik (FT) UNY ini mengemukakan bahwa kepala sekolah memiliki peran strategis dalam menjalankan fungsi manajerial di sekolah. Fungsi manajerial tersebut tidak terlepas dari fungsi-fungsi yang terkandung pada prisnip-prinsip manajemen, antara lain fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggiatan, dan pengendalian. Keempat fungsi tersebut saling bersinergi manakala kepala sekolah dihadapkan pada suatu proses pengambilan sebuah keputusan.

Pengambilan keputusan merupakan proses pemilihan diantara beberapa alternatif pilihan yang tersedia dalam berbagai situasi dan kondisi tertentu. Pengambilan keputusan yang tepat merupakan aspek kunci dari keberhasilan manajemen sekolah. Dinamika sekolah sering tergantung pada hasil keputusan yang diambil oleh kepala sekolah.

“Proses pengambilan keputusan yang dilakukan kepala sekolah akan menentukan arah dan kebijakan sekolah. Keputusan yang diambil harus dapat mengakomodasi semua pemangku kepentingan sekolah pada tingkat risiko yang serendah-rendahnya. Kepala sekolah harus percaya pada kemampaun diri dan mampu mensinergikan persepsi, harapan, maupun kemampuan berbagai pemangku kepentingan, sehingga keputusan yang diambil dapat memberi dukungan terhadap kemajuan sekolah. Kemampuan diri seorang kepala sekolah dapat didukung oleh data dan informasi yang dikelola secara sistemik dan akurat, berdasarkan atas dukungan sistem informasi sekolah berbantuan teknologi informasi sebagai mesin pengambilan keputusan”, ungkap Masduki.

Dengan bimbingan dan arahan yang intensif dari promotor Prof. Soenarto, Ph.D. dan Dr. Eko Marpanaji, diciptakan sebuah sistem pendukung pengambilan keputusan yang dapat mendukung kepala sekolah untuk menghasilkan keputusan yang objektif. Sistem ini dapat diakses di http:sppk.web.id. Dengan memanfaatkan sistem ini, kepala SMK dapat mengetahui informasi tentang ketercapaian kinerja kepala sekolah dalam kurun waktu tertentu dalam dimensi kompetensi: kepribadian, manajemen, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

“Kami menyarankan kepada Direktorat PSMK, dan atau MKKS untuk dapat memanfaatkan sistem ini sebagai salah satu bahan masukan yang berkaitan dengan data keterlaksanaan kompetensi kepala sekolah dalam menjalankan tugas-tugas perkepalasekolahan. Selain itu, juga sebagai bahan pertimbangan dalam mengukur kinerja kepala sekolah berdasarkan pada standar yang berlaku. Ke depan perlu penelitian lebih lanjut tentang kajian sejenis ini yang berkaitan dengan tugas guru dan tenaga kependidikan dalam lingkup SMK”, pungkas alumni S2 Teknik Elektro UGM ini. (Rubiman).

.