Mahasiswa S3 Michigan State University Explorasi Akademik dan Budaya di PPs UNY

Program Pascasarjana UNY mendapat kehormatan menerima kunjungan dari delegasi Michigan State University (MSU), USA. Kunjungan yang bertajuk Fellowship to Enhance Global Understanding to Indonesia 2015 tersebut berlangsung 14 – 22 Juni 2015. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan kegiatan pada tahun 2013 dan realisasi program kerjasama ketika delegasi Rektor UNY ke MSU pada tahun 2014. Para rombongan yang terdiri dari 19 mahasiswa S3 the College of Education, MSU tersebut didampingi oleh Prof. Lynn Paine, the Director and Assistant Dean for the Office of International Studies in Education (OISE) dan Associate Professor of Teacher Education, Laura Apol, Ph.D. Serangkaian kegiatan akademis dan budaya pun digelar untuk menggali pengetahuan dari kedua universitas.

Gelaran welcome dinner pada Minggu, 14 Juni 2015, menyambut para rombongan sekaligus dipertemukan dengan keluarga baru mereka selama di Yogyakarta yang juga para dosen UNY. Suasana hangat dan akrab sangat terasa pada kesempatan tersebut. Acara penyambutan secara resmi juga digelar di Aula PPs UNY pada Senin, 15 Juni 2015. Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. selaku Direktur PPs UNY menyambut hangat para delegasi dari MSU. Kegiatan semacam ini menjadi penguatan kerjasama internasional antar kedua universitas baik dari segi akademik maupun budaya. “Program ini sangat bagus dikembangkan ke depannya. UNY dan khususnya PPs UNY dapat mengadopsi program ini untuk diterapkan dengan universitas lain di luar negeri serta sebagai cara mengirim para mahasiswa untuk mendapat pengalaman internasional” tambahnya. Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. turut memberikan kuliah singkat kepada para mahasiswa MSU untuk membuka wawasan para mahasiswa MSU tentang pendidikan guru di Indonesa.

Para delegasi MSU juga tertarik untuk mengenal lebih jauh sistem pendidikan di Indonesia. Mereka pun mengunjungi beberapa sekolah yang mewakili kriteria yang diinginkan. Enam sekolah di Yogyakarta yang dikunjungi di antaranya, SD Muhammadiyah Condong Catur, SMK N 1 Depok, SD Model, SD Gungan Wukirsari, SMA N 9 Yogyakarta, dan SLB Yogyakarta. Tidak hanya sistem pendidikan formal yang menarik bagi mereka, tetapi juga sistem pendidikan non formal. Sistem pendidikan di pesantren menjadi salah satu pilihannya. Pondok Pesantren Pabelan, Mungkid, Magelang turut dikunjungi untuk menggali lebih dalam tentang cara mendidik para santri.

Kunjungan akademik juga dilakukan ke tiga fakultas yang ada di UNY yaitu, FMIPA, FIP, dan FBS. Di ketiga fakultas tersebut, para mahasiswa menggali tentang kurikulum pengajaran sampai fasilitas penunjang pendidikan. Para delegasi MSU juga mengunjungi dua pusat studi di UGM yaitu, Pusat Studi Keamanan & Perdamaian dan Pusat Studi Agama dan Lintas Budaya.

Selain itu, seminar bersama antara mahasiswa S3 PPs UNY dan mahasiswa S3 MSU digelar pada hari ke-3 yaitu, Rabu, 17 Juni 2015 di Aula PPs UNY. Seminar yang mengangkat tema Education Trends in Indonesia and USA tersebut, turut dihadiri oleh tiga Profesor UNY yang juga alumni dari beberapa universitas di Amerika, yaitu, Prof. Suyanto, Ph.D., Prof. Djemari Mardapi, Ph.D., dan Prof. Dr. Marsigit, M.A. Masing-masing menjadi pembahas ahli pada sub tema Teacher Learning, National Education Standart, dan Curriculum. Seminar sehari tersebut, juga mengundang para mahasiswa S3 PPs UNY. Para mahasiswa dari kedua universitas tampak antusias dengan bahasan yang disampaikan, mengingat materi yang disampaikan menjadi isu hangat di kedua negara.

Selain kegiatan akademik, para delegasi MSU juga menikmati kegiatan budaya. Workshop batik di FBS membuat mereka sangat antusias karena mereka diberi kebebasan untuk membuat mengkreasikan batik mereka sendiri. Tak lupa para rombongan juga berkesempatan menikmati Candi Prambanan, Sendratari Ramayana, berwisata ke Keraton dan Malioboro, serta Borobudur.

Serangkaian kegiatan akademik dan budaya pun ditutup pada Senin, 22 Juni 2015 di Aula PPs UNY. Turut hadir Rektor UNY beserta jajaran RKU serta para tutor pendamping selama para mahasiswa MSU melakukan kegiatan akademik, dan juga para host family. Bapak Rektor berharap dapat melakukan kerjasama lainya dalam waktu dekat dengan MSU. (Sinta)