Mahasiswa KNB PPs Uny Pelajari Water Banking Di Kampung Glintung

Sebanyak 22 mahasiswa asing penerima beasiswa KNB (Kemitraan Negara Berkembang) yang berkuliah di berbagai Program Studi di PPs UNY adakan study visit ke Kampung Glintung yang terletak di Kabupaten Malang. Study visit ini diselenggarakan untuk membekali para mahasiswa asing pengetahuan di luar kampus. Kampung Glintung sendiri merupakan kampung perkotaan yang terletak di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Glintung adalah sebuah wilayah rukun warga (RW) yang terdiri dari 1.086 orang dengan 302 Kepala Keluarga.

Sebelumnya, Glintung merupakan daerah kumuh dan langganan banjir, hal inilah yang membuat ketua RW Bambang Irianto merasa prihatin dan berpikir untuk mendapatkan sebuah solusi. Menurut pengamatan yang dilakukannya hal pertama yang harus dilakukan masyarakat kampung Glintung adalah mengubah cara pandang warga masyarakatnya yang tadinya individualis menjadi kolektif, gotong royong, dan mengedepankan musyawarah. Namun kini nampak hijau sejuk oleh banyaknya tanaman. Daerah itu kini dikenal sebagai Kampung Glintung Go Green. Kegiatan menabung air yang dilakukan masyarakat RW 23, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur selama lima tahun tahun terakhir membuahkan hasil positif. Mata air di sumur-sumur warga tetap terjaga.

Dampak positif ini bukan sekadar dinikmati warga RW 23. Kini, warga di wilayah RW 5, yang lokasi wilayahnya berdampingan dengan RW 23, juga mulai merasakan hadirnya sumber air baru, sebagai hasil dari upaya menabung air dengan memanfaatkan sumur injeksi dan biopori.

Dengan mengembangkan penghijauan sistem hydrophonic di setiap rumah warga dan pembuatan water banking, kampung Glintung berhasil bebas dari masalah banjir tiap tahunnya. Berbagai penghargaan dalam dan luar negeri telah disabet oleh kampung ini, bahkan menjadi kampung percontohan di berbagai daerah. Sebagai ketua RW dan penggerak program Glintung Go Green Bambang berharap, warga kampung Glintung tidak kehilangan semangat untuk terus belajar dan mengembangkan kampungnya menjadi kampung yang terbaik. (len/ant)

.