Magister Linguistik Terapan Berhasil Pertahankan Keunggulannya

.Pada akhir tahun 2015, program studi magister (S2) Linguistik Terapan (LT) Program Pascasarjana UNY kembali meraih akreditasi “A” dari BAN-PT setelah pada 4 tahun sebelumnya Prodi LT memang telah mendapatkan status unggulnya. Kepastian ini tertuang dalam SK BAN-PT Nomor: 1202/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2015 yang akan berlaku hingga 12 Desember 2020.
Prof. Dr. Haryadi, M.Pd. selaku Kaprodi LT mengaku sangat berbahagia karena akhirnya berhasil mempertahankan akreditasinya. “Alhamdulillah, akeditasi “A” dapat diperoleh kembali oleh prodi kami,” jelas beliau saat ditemui di ruangannya pada Jumat (8/1).

Untuk standar penilaian ada 7 standar yaitu visi dan misi, tata pamong, mahasiswa, SDM, kurikulum, prasarana, sistem informasi, dan penelitian. “Dari ke-7 standar tersebut LT sudah memenuhi persyaratan, dengan pertimbangan lengkapnya dokumen lampiran pendukung akhirnya bisa memaksimalkan nilai,”paparnya.

Dalam pelaksanaan akreditasi kaprodi dan sekprodi LT juga melibatkan berbagai pihak mulai dari tim pengembang, dosen, mahasiswa, alumni, dan tim penjaminan mutu khusunya dalam membantu proses pengumpulan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan akreditasi.

“Kesuksesan ini juga tak lepas dari pimpinan UNY, PPs, dan Tim Penjaminan Mutu yang telah banyak memberikan masukannya demi penyempurnaan borang prodi. Selain itu, dukungan borang institusi/pascasarjana juga turut memberikan sumbangsih yang banyak dalam akreditasi ini, “imbuh Guru Besar Ilmu Pendidikan Sastra Indonesia  ini.

Haryadi menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan yang menonjol dalam proses penilaian akreditasi di tahun-tahun sebelumnya, hanya saja persiapan untuk tahun ini jauh lebih matang dari tahun sebelumnya. Hal ini karena didukung oleh manajemen dokumen yang diperlukan sudah tertata dan tersimpan dengan rapi. Selain itu, karya dosen dan mahasiswa mampu diperlihatkan kepada asesor.

“Alhamdulillah kami bisa mambantu  mahasiswa LT dalam mempersiapkan memasuki dunia kerja. Saat ini status akreditasi menjadi syarat untuk melamar kerja dan sangat diperhitungkan statusnya,” tutur sekprodi LT, Asruddin B. Tou, Ph.D.

Sementara itu, direktur PPs UNY, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. menyambut dengan senang hati atas prestasi ini. Beliau berharap prodi LT tetap dapat mempertahankannya dengan selalu meningkatkan kualitasnya, pemberdayaan kerja sama dengan pihak lain, dan melayani mahasiswa dengan sebaik-baiknya serta memaksimalkan sarana IT untuk mendukung kegiatan belajar mahasiswa.

Beliau berharap semoga para dosen, mahasiswa, dan staf di PPs UNY semakin solid sehingga dapat mengembangkan Prodi LT menjadi lebih baik, sehingga hal ini akan memberi keuntungan bagi para mahasiswa menjadi lebih percaya diri dalam mengembangkan potensinya serta membawa nama baik almamaternya. Harapannya ketika semua berjalan dengan baik, solid, dan sinkron maka secara tidak langsung LT juga akan semakin bermutu dan berkualitas. (Rubiman).