LOMBA KARYA INOVASI TENAGA KEPENDIDIKAN

Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-56 Universitas Negeri Yogyakarta, Panitia Dies menyelenggarakan Lomba Menulis Karya Inovasi bagi Tenaga Kependidikan UNY dengan tema “Kearifan Lokal dan Nasional untuk UNY Unggul: Menjadi Manusia yang Berkualitas dan Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0”. Lomba dilaksanakan di lantai 4 Gedung Imam Barnadib Program Pascasarjana UNY, pada hari Selasa, 23 Juni 2020.

Kepala Biro Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Drs. Sukirjo, M.Pd., sekaligus koordinator lomba mengatakan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia Indonesia secara umum dan UNY secara khusus, harus dipersiapkan dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan mampu menjadi sumber daya manusia unggul yang mampu bersaing, antara lain: communication skill, literasi teknologi informasi, kepemimpinan, critical thinking, emotional intelligence. Dalam rangka untuk menyiapkan kompetensi SDM bagi tenaga kependidikan UNY perlu untuk dimotivasi dengan mengasah pemikiran kritis yang dituangkan dalam narasi yang merupakan hasil dialog antara fakta dan teori tentang upaya menyiapkan SDM yang berkualitas. Lomba menulis artikel ini sebagai media untuk berekspresi bagi seluruh SDM UNY yang siap dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0. Lebih lanjut Sukirjo mengatakan “lomba menulis karya ilmiah dirancang untuk meningkatkan literasi sosial yang dibutuhkan oleh seluruh warga masyarakat".

Tujuan dengan dilaksanakan lomba ini “Satu, memberikan kesempatan peserta untuk berekspresi tentang best-practice pengalaman melakukan inovasi di UNY. Dua, menguatkan kesiapan peserta untuk berkompetensi dalam membuat gagasan inovastif untuk peningkatan kinerja dan kualitas kerja di lingkungan UNY berbasis kearifan lokal dan nasional, dan tiga, Memberikan dialog pikir dalam menghadapi berbagai masalah SDM untuk mencari solusi yang komprehensif untuk menuju UNY unggul, kreatif, dan inovatif,” kata Sukirjo.

Lomba diikuti oleh tenaga kepndidikan (PNS dan Non-PNS) yang bekerja di UNY, boleh secara individu maupun kelompok. Sejumlah 53 peserta yang mengikuti, sedangkan judul makalah yang masuk sejumlah 34 judul.

Salah satu peserta, Drs. Sofyan Riyanto, S.I.P., M.A. (Kepala UPT Perpustakaan) mengatakan “sangat bagus dan senang menjadi bagian dari peserta, dan sebenarnya lebih memotivasi kepada adik-adik yang lebih yunior dengan memberi contoh untuk berperan aktif dalam lomba ini”. Lebih lanjut Sofyan mengatakan lomba inovasi ini sebagai titik awal tendik, dan berharap supaya tidak sampai disini, masih banyak PR tendik, karena ini merupakan bagian dari aspek produksi, performance tendik, salah satu pendukung untuk mencapai UNY yang unggul. (Sud).