Kunjungan Laboratorium dan Bengkel Prodi PTK S2 Vokasi B ke SMK N 1 Kediri dan P4TK VEDC Malang

Dengan tema peningkatan kualitas laboratorium dan bengkel yang relevan dengan perkembangan dunia industri sebanyak 22 mahasiswa S2 angkatan 2014 Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vokasi B yang terdiri dari konsentrasi Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Elektronika telah melakukan kunjungan ke SMK N 1 Kediri dan P4TK VEDC Malang. Kunjungan yang didampingi oleh Dr. Fatchul Arifin, S.T., M.T tersebut dilaksanakan pada tanggal 18-20 Oktober 2015.

Kunjungan pertama di SMK N 1 Kediri disambut oleh kepala sekolah, Drs. Gatot Sukarno, MM. beserta jajarannya di ruang rapat lantai 2. Diawali dengan pengenalan SMK Negeri 1 Kediri yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke laboratorium. Terdapat 8 kompetensi keahlian yang kesemuanya berakreditasi A, yaitu Teknik Audio dan Video, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Permesinan, Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Konstruksi Batu dan Beton, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik; ditambah dengan 1 kompetensi keahlian yang baru saja dibuka yaitu Teknik Otomasi Industri. Kunjungan kedua di P4TK VEDC Malang disambut oleh Bapak I Ketut Budiasa, S.Pd. MM. di Aula Pertemuan lantai 2. Terdapat 9 unit kerja yang dilatih di P4TK VEDC Malang, namun dengan keterbatasan waktu dan luasnya area maka hanya laboratorium terkait dengan kompetensi Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Elektronika yang dikunjungi.

Selain mempererat relasi UNY dengan masing-masing penyelenggara pendidikan kejuruan, kunjungan tersebut juga memberikan informasi terkait dengan peran, tantangan, permasalahan dan solusi pendidikan kejuruan saat ini dan masa depan secara kontekstual di lapangan. Bagi mahasiswa sendiri apa yang telah diperoleh tersebut mampu meningkatkan wawasan kejuruan sehingga pemahaman yang didapatkan utuh baik secara teoritis maupun praktis (PTK Vok B).