Kuliah Umum Pembentukan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Budaya dan Agama

Pada tanggal 5 Oktober 2018 pukul 09.00- 10.30 Prodi Pendidikan Dasar S2 mengadakan kuliah umum dengan judul Pembentukan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Budaya dan Religius. Kegiatan perkuliahan umum ini dilaksanakan di Aula lantai 7 Gedung 1.02 Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini dosen tamu yang hadir adalah Dr. Abdul Quddus Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram. Kuliah ini dihadiri oleh mahasiswa S2 Program Studi Pendidikan Dasar angkatan tahun 2018 dan dimoderatori oleh Dr. Muammar. Jumlah peserta yang hadir sekitar 60 orang. Kuliah ini membicarakan karakter bangsa melalui pendidikan budaya dan religious.

Dalam penjelasannya, Dr. Abdul Quddus memaparkan bahwa abad 12 Islam sudah membicarakan mengenai pendidikan karakter . Selain itu pembangunan karakter menjadi visi yang mendasari berdirinya suatu bangsa. Pendidikan karakter menjadi menarik untuk di diskusikan karena perlu adanya revitalisasi pembangunan karakter . Dr. Abdul Quddus juga menjelaskan berdasarkan fenomena yang ada pada saat ini dimana nilai -nilai luhur yang mulai luntur dan hilang adalah kondisi yang memperihatinkan. Untuk itu, salah satu cara yang dapat ditempuh untuk membantu percepatan revitalisasi adalah kerjasama antara orangtua, lingkungan, dan sekolah . Orang tua dalam pandangan islam adalah madrasah pertama bagi seorang anak sehingga diperlukan kesinambungan antara orang tua, lingkungan, dan sekolah.

Selama proses perkuliahan umum ini, mahasiswa sangat antusias. Hal ini dibuktikan dengan dibuktikan banyaknya sesi tanya jawab seusai Dr. Abdul Quddus memberikan materi. Harapan kedepan dengan pelaksanaan perkuliahan umum ini adalah mahasiswa dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan tindakan agar pendidikan karakter bangsa melalui pendidikan budaya dan religious dapat terwujud. (Eva A)