Koordinasi Promotor dan Co-Promotor dengan Mahasiswa S3 IPB

Pada hari Jumat, 6 Maret 2015, pengelola Program Studi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB) PPs UNY mengadakan koordinasi yang mempertemukan antara mahasiswa dengan promotor dan co-promotor. Pertemuan ini menghadirkan mahasiswa angkatan pertama IPB dengan pembimbing disertasi mereka diantaranya Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro, Prof. Dr. Suhardi, Prof. Dr. Endang Nurhayati, Dr. Maman Suryaman, dan tentunya kaprodi sekprodi IPB, Prof. Sugirin, Ph.D.,serta Prof. Dr. Pratomo Widodo.

Koordinasi ini bertujuan untuk mempertemukan antara mahasiswa dengan promotor dan co-promotor sehingga dapat diketahui sejauh mana progress disertasi yang dikerjakan mahasiswa. Selain itu, promotor bisa mengidentifikasi, memahami dan membantu mengatasi kendala yang dihadapi mahasiswa bimbingannya. Sementara itu, menurut informasi dari sekprodi, Prof. Dr. Pratomo Widodo, terdapat dua orang mahasiswa yang  sudah ujian proposal dan tentunya sudah melakukan penelitiannya. Mahasiswa lainnya sedang meraba-raba untuk menyusun proposal disertasinya.

Secara umum kendala yang dihadapi mahasiswa S3 IPB dalam pengerjaan disertasinya antara lain belum mampu memanage waktu dengan maksimal. Sebagian besar domisili dan bekerja di Jogja dan sekitarnya. Sebagin besar dari mereka masih mempunyai beban mengajar sebagai tugas rutinnya. Idealisme juga turut mempengaruhi dalam perjalanan penyusunan proposal disertasi.

Pimpinan prodi berharap pertemuan informal antara mahasiswa dan promotor bisa dilakukan atas inisiatif mahasiswa sendiri. Harapannya tugas akhir berupa disertasi dapat dikerjakan secepatnya dengan hasil yang memuaskan. (Rb)