Komunitas 1000 Guru Yogyakarta berkunjung Ke Rumah KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) mendapat kunjungan dari Ketua Komunitas 1000 Guru Regional Daerah Istimewa Yogyakarta Sandi Pradana di Sekretariat KMP UNY Lantai 1,5 Gedung Lama PPS UNY Kamis (21/01/2016).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh ketua KMP UNY Periode 2016 Mahfuzi Irwan, S.Pd., Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat Anwaril Hamidy, S.Pd., Sekretaris Bidang Pengabdian Masyarakat Rizatmi Zikri S.Pd., dan Anggota bidang Pengabdian Masyarakat Choirul Nisa, S,Pd. Tujuan dari pertemuan ini guna membahas bentuk-bentuk kegiatan dan kerja sama dalam bidang pengabdian masyarakat.

Dalam diskusi tersebut Sandi menjelaskan bahwa Komunitas 1000 Guru regional DIY menaungi wilayah Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo. Komunitas ini bergerak di bidang pendidikan.

Untuk tahapan travelling and teaching adalah pra survey, survey, penggalangan dana, dan open recruitment. Pra survei terkait pencarian informasi desa yang akan dikunjungi, survei terkait dengan melihat langsung kondisi lapangan (desa) dan mengambil dokumentasi, penggalangan dana terkait untuk membantu pihak yang membutuhkan, serta open recruitment terkait dengan relawan yang akan terjun ke lapangan,” ungkap Sandi.

Pada tahun 2015, komunitas ini mengadakan kegiatan travelling and teaching di Sekolah Luar Biasa (SLB) se-DIY dengan persyaratan SLB tersebut tidak berstatus negeri, tidak berbentuk yayasan dan tanpa asrama. Bentuk kegiatan yaitu pengajaran, permainan-permainan, pengobatan gratis, pemberian makanan dan susu, perbaikan infrastruktur sekolah, pembagian seragam sekolah dan alat tulis,” Pungkas  Sandi.

Diskusi tersebut berlangsung dengan hangat, beberapa pengurus KMP UNY saling bertukar pendapat dan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan terkait kegiatan yang sudah dilakukan Komunitas 1000 Guru tersebut. Ketua KMP UNY Mahfuzi mengatakan “Ini adalah momen yang sangat baik untuk KMP UNY dalam memperluas jaringan kemitraannya dengan komunitas yang peduli dengan pendidikan dan pengabdian masyarakat, sehingga KMP UNY tidak hanya memfasilitasi mahasiswa PPs UNY mengembangkan potensinya di kampus namun juga dapat mengaplikasikan ilmu pada masyarakat”.

Sejalan dengan itu Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat Anwaril mengatakan “Program pengabdian di bidang pendidikan KMP UNY dapat bersinergis dengan Komunitas 1000 Guru Jogja”.

Adapun bentuk kerjasama yang akan dijalin KMP UNY dengan Komunitas 1000 Guru Jogja saat mengadakan kegiatan sosial di masyarakat adalah pertukaran informasi tentang pendidikan tertinggal, bantuan relawan dan bantuan konsumsi untuk masyarakat. Di akhir pertemuan Ketua KMP UNY mengucapkan terima kasih untuk kunjungan komunitas 1000 Guru Jogja. (Humas KMP)