KMP UNY SERAHKAN DANA SOSIAL UNTUK KORBAN ASAP MELALUI DOMPET DHUAFA

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY), kembali mengadakan penggalangan dana sosial (dansos) setelah beberapa bulan yang lalu, KMP UNY sendiri sudah menggalang dana untuk korban Rohingya. Kali ini kegiatan yang serupa terlaksana kembali oleh organisasi mahasiswa (Ormawa) yang bernaung di bawah AAM ini yang dipelopori oleh bidang Riset dan Pengabdian KMP UNY. Penggalangan dana yang dimulai sejak beberapa minggu yang lalu, diperuntukkan bagi korban asap yang menimpa saudara-saudara kita di Sumatera dan Kalimantan. Kemudian, tepat pada hari Jumat (20/11/2015), hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh KMP bidang Riset dan Pengabdian langsung diserahkan kepada Yayasan Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta dan akan disalurkan langsung kepada korban asap yang ada di Sumatera dan Kalimantan.

Akan tetapi, sebelum acara penyerahan dansos tersebut, diadakan mini ceremonial yang dibuka oleh Arsi Dwi Ariyani. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi ini sekaligus sebagai koordinator penggalangan dansos KMP UNY, membuka acara dengan pemberitahuan sekaligus pertanyaan terhadap supervisor Dompet Dhuafa sebagai wakil penerima dansos. Pemberitahuan kepada Dompet Dhuafa mengenai jumlah dansos yang didapatkan, yakni berjumlah 2.000.000 rupiah. Dansos tersebut disalurkan oleh seluruh sivitas akademika UNY dalam waktu dua minggu. kemudian beberapa pertanyaan yang terkait dengan program yayasan Dompet Dhuafa sendiri serta programnya. Seperti halnya yang disampaikan oleh mahasiswi asal desa Turi tersebut, yakni “dansos yang terkumpul sejumlah 2.000.000 rupiah Mas, dan ini disalurkan oleh semua mahasiswa UNY yang dimulai dari dua minggu kemarin sampai hari ini”. Dompet Dhuafa sendiri berkerja sama dengan acara Hitam Putih kan mas ya, nah nanti bisa dijelaskan bagaimana bentuk kerja samanya dan seperti apa program dari Dompet Dhuafa sendiri ?” tambahnya.

Hasil dari penggalangan dana ini, tentu sangat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan bantuan. Selain dari kegiatan penggalangan dansos ini, yayasan Dompet Dhuafa juga mempunyai beberapa tindakan preventif dan program serta kerja sama dengan pihak lain, seperti halnya pembagian masker N-97 yang sudah direkomendasikan oleh kementrian kesehatan, tabung oksigen, home schooling, dan recovery pemulihan bencana seperti penghijauan pada lahan yang terkena kebakaran. Hal ini disampaikan dan dijelaskan langsung oleh supervisor Dompet Dhuafa, Mas Andi. Andi berharap kegiatan dansos ini tetap diadakan oleh mahasiswa, karena hal ini merupakan tindakan yang tepat dan bermanfaat. “kegiatan semacam ini harus tetap dilakukan oleh mahasiswa karena sangat tepat dan bermanfaat” pungkasnya.

Acara yang berlangsung di sekretariat KMP ini berjalan lancar dan terkendali. Setelah selesai sesi tanya jawab, Arsi Dwi Ariyani menyerahkan secara langsung dansos yang sudah terkumpul dan disaksikan oleh beberapa mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut. Sebagai sesi penutup, tidak terlupakan sesi foto bersama sebagai dokumentasi acara. Mahasiswa yang tergabung dalam bidang R&P yang sekaligus sebagai anggota penggalang dansos, mengajak supervisor Dompet Dhuafa untuk meluangkan waktunya sejenak untuk pengambilan gambar sebagai dokumentasi. (R n P & Humed KMP UNY)