KMP UNY LAUNCHING BUKU DI MUBES KE-IV

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) resmi mengakhiri kepengurusan di Musyawarah Besar (Mubes) ke- IV. Mubes dilaksanakan di Aula Lt. 7 Gedung Imam Barnadib, Sabtu 21 Desember 2019 Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Hendra B, selaku Ketua Pelaksana Mubes mengatakan bahwa ada tiga agenda dalam kegiatan tersebut yakni Launching Produk KMP, Laporan Pertanggungjawaban, dan Pemilihan pengurus KMP 2020. “Ada tiga produk yang akan di-launcing hari ini yang merupakan hasil dari kepengurusan selama ini yakni Kumpulan Esai produk Bidang Penelitian dan Pengembangan, Kumpulan Puisi produk dari Bidang Pendidikan dan Latihan, dan Catatan Pengabdian produk dari bidang Pengabdian Masyarakat,”kata mahasiswa S3 tersebut.

Mashudi, selaku ketua umum KMP 2019 dalam sambutannya mengatakan bahwa kinerja KMP selama 2019 tercapai 90%. Namun, Mahasiswa jurusan PKK tersebut menambahkan masih banyak yang perlu diperbaiki agar KMP UNY lebih baik dan semakin bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat. “Hal ini menjadi tantangan pengurus yang akan kita pilih nanti”tambahnya.

Turut membersamai dalam kegiatan tersebut Direktur PPs UNY Prof. Marsigit, MA, Wakil Direktur I, Dr. Sugito, MA, dan Pendamping KMP, Dr. Dimyati, MA. Mubes juga diikuti oleh undangan dari organisasi mahasiswa pasca dan undangan prodi-prodi pasca UNY.

Prof Marsigit mengatakan apresiasinya terhadap kepengurusan KMP. Menurutnya, KMP selama ini telah membangun sinergitas yang cukup baik dengan PPs UNY, Prodi, dan masyarakat. Hal ini yang perlu ditingkatkan oleh pengurus kedepan.

Selain pentingnya kepemimpinan, Direktur PPs tersebut juga menekankan pentingnya semangat pluralisme. “Semoga kepemimpinan nantinya bisa membangun sinergitas yang lebih baik kepada PPs, prodi, universitas, masyarakat, bangsa, UUD, Pancasila, dan sinergis terhadap pluralisme. Selagi manusia, mahasiswa UNY maka kita harus menjunjung pluralisme. Jangan mengarah pada parsialitas dan identitas. Hal ini tidak sesuai dengan imperatif moral manusia,”tegasnya.

Mubes ke-IV diakhiri dengan pemilihan Ketua KMP 2020. Rudi Hermawan, Mahasiswa S2 Teknik terpilih sebagai ketua melalui proses musyawarah-mufakat. Semoga KMP semakin solid dan berprestasi di dunia kampus dan masyarakat (Toba Sastrawan Manik/JK)