KMP UNY GELAR BUKA BERSAMA DAN KOORDINASI AWAL PERSIAPAN OSPEK MABA PPS UNY 2015

Kamis, 2 Juli 2015 Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) menggelar kegiatan buka bersama dan koordinasi awal persiapan kegiatan OSPEK mahasiswa baru angkatan 2015 yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Gedung Baru PPs UNY. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Prof. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed (Direktur PPs UNY), Dr. Nuchron, M.Pd (Ketua AAM dan pembina KMP UNY), Dr.rer.nat. Senam, M.Si (Ketua Panitia OSPEK PPs UNY 2015) dan Fadli Rozak, S.Pd (Ketua KMP dan Panitia OSPEK 2014), serta pengurus dan anggota KMP UNY 2015 delegasi program studi dilingkungan PPs UNY. Adapun tujuan utamanya untuk mempererat silaturrahmi seluruh civitas akademika di PPs UNY serta dalam rangka koordinasi awal persiapan hajat tahunan orientasi mahasiwa baru yang akan dilaksanakan pada bulan September 2015.

Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 15.30 – 18.00 ini merupakan koordinasi pertama, sehingga untuk beberapa waktu ke depan akan dilaksanakan pertemuan kembali untuk melaksanakan persiapan yang lebih matang. Seperti yang diungkapkan Dr.rer.nat. Senam, M.Si, selaku ketua panitia orientasi mahasiswa baru tahun 2015, “Setelah ini, akan ada pertemuan lagi, mengingat pelaksanaan sekitar 2 bulan untuk mematangkan persiapan”. Hal senada juga diungkapkan oleh Ence Surahman, S.Pd selaku ketua KMP 2015, “Karena pada tahun ini jumlah mahasiswa bertambah, persiapan harus lebih matang agar pelaksanaan orientasi mahasiswa bisa maksimal”.

Pelaksanaan orientasi mahasiswa pada tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan ospek dengan menghadirkan kolaborasi antara PPs dengan mahasiswa. Untuk pelaksanaannya, Ospek di PPS tentu berbeda dengan orientasi mahasiswa baru pada jenjang S1, orientasi mahasiswa baru PPs UNY lebih ke arah akademik. Seperti yang diungkapkan Prof. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed “Orientasi studi dan pengenalan kampus di PPS UNY harus menjurus ke arah akademik, ini tahun ketiga pelaksanaan OSPEK yang dibantu mahasiswa”, ungkap direktur PPs UNY dalam sambutannya. Begitu juga yang disampaikan oleh Fadli Rozak, S.Pd, “OSPEK itu kan orientasi dan pengenalan kampus, sehingga pelaksanaan OSPEK di PPs UNY memang lebih menjurus ke akademik, karena memang budaya mahasiswa pascasarjana lebih kearah akademisi, sehingga diharapkan ospek itu tidak hanya berlalu begitu saja, tetapi juga bisa dikenang mahasiswa”, ungkapnya ketika memberi arahan mengenai pelaksanaan ospek secara umum.

Dipenghujung acara diisi dengan ceramah jelang buka puasa yang disampaikan oleh Ustadz Muslim, S.Pd mahasiswa  prodi pendidikan matematika PPs UNY yang juga merupakan Ketua Bidang PSDM KMP UNY 2014. Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan buka bersama di Aula lantai 3 gedung baru PPs UNY. (Humas Media KMP)