KMP UNY Bangun Kerjasama Dengan DPM REMA, BEM REMA dan UKM Penelitian UNY

Sebagai organisasi kemahasiswaan di Program Pascasarjana UNY,  Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) memiliki beberapa kesamaan dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (BEM REMA UNY). Keduanya merupakan organisasi yang memiliki fokus pada optimalisasi pelayanan dan pemberdayaan potensi kemahasiswaan di  wilayah kerjanya masing-masing. BEM REMA UNY yang merupakan organisasi yang menaungi mahasiswa S1 UNY, dan KMP UNY merupakan organisasi yang menaungi mahasiswa PPs UNY. Selain dengan BEM REMA, KMP UNY juga memiliki singgungan fokus kerja dengan Dewan Perwakilan Mahasisiswa Republik Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (DPM REMA UNY) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP UNY).

Mengingat hal tersebut, Kamis, 25 Juni 2015, pengurus KMP UNY 2015 bersama ketua dan perwakilan tiap bidang melakukan silaturahmi ke DPM REMA dan BEM REMA UNY. Sementara kunjungan ke UKMP UNY dilaksanakan hari beriktunya, Jumat, 26 Juni 2015. Kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat konsolidasi dan membangun kerjasama antar organisasi kemahasiswaan di lingkup UNY ini, dilaksanakan di Students Center UNY.

Dalam sambutan ke Pengurus DPM REMA UNY, Ence Surahman Ketua KMP UNY menyampaikan bahwa tujuan kunjungan tersebut pertama untuk silaturahim antara pengurus, kedua untuk mengadaptasi mekanisme kerja Dewan Perwakilan Organisasi (DPO KMP UNY) dengan statuta dan mekanisme kerja DPM REMA UNY yang memiliki kesamaan ranah kerja. Ketiga untuk pengokohan kedua lembaga yang diharapkan bisa saling mendukung dan menguatkan satu sama lain.

Sementara dalam sambutan ketika kunjungan ke BEM REMA UNY, Ence Surahman menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakanya kegaitan diantaranya, pertama untuk silaturahim antar para pengurus KMP UNY dengan BEM REMA UNY, kedua untuk menyelaraskan program-program dan kebijakan-kebijakan yang diambil berkaitan dengan isu strategis yang hangat dalam bidang pendidikan, ketiga untuk mensinergikan program-program yang memiliki kesamana tujuan dan waktu pelaksanaan, seperti agenda orientasi mahasiswa baru. Pada saat itu ketua BEM REMA UNY mengharapkan program  pendampingan tugas akhir dan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir yang mengalami kesulitan. Selain itu juga sharing pengalaman dari mahasiswa pascasarjana berkaitan dengan aktivitas pasca sidang baik tentang keputusan memilih pekerjaan, lanjut studi, berwirausaha dan lain-lain.

Sementara dalam kunjungannya dengan UKM Penelitian UNY, Ketua KMP UNY menyampaikan bahwa karena visi utama KMP UNY periode 2015 adalah membangun budaya riset dikalangan mahasiswa UNY, maka hal itu sejalan dengan visi dari UKM Penelitian, dengan demikian perlu dilakukan kerjasama secara intensif berkaitan dengan program-program yang akan diturunkan dilapangan. Beberapa yang disepakati dalam diskusinya sejalan dengan yang dicanangkan dengan BEM REMA UNY yakni pendampingan tugas akhir mahasiswa dan kemudian kerjasama bidang penelitian. 

Sebagai bukti tertulis kesepakatan kerjasama antara KMP UNY dengan DPM REMA UNY, BEM REMA UNY dan UKM Penelitian UNY, diakhir pertemuan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh ketua kedua lembaga. Diharapkan dengan adanya kerjasama  tersebut, sinergi program dan kesamaan gerak langkah dalam mengawal kebijakan pendidikan dan pengembangan budaya riset mahasiswa dilingkungan UNY bisa dilaksanakan secara masif. (Humas Media KMP UNY)