Kemeriahan Visitasi Akreditasi Prodi Dikdas PPs UNY

Program Studi Magister Pendidikan Dasar (Dikdas) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada hari Jumat tanggal 9 Oktober 2015 kedatangan Tim Assesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Asesor yang memvisitasi prodi Dikdas terdiri atas Dr. Asep Supena, M.PSi. dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Dr. Ocih Setiasih, M.Pd. dari Universitas Pendidikan Indoensia (UPI). Beliau berdua tiba di Kampus UNY disambut oleh Wakil Rektor IV didampingi oleh Direktur, Asdir I, Asdir II PPs UNY, Sekprodi Dikdas, Penjaminan Mutu (Penjamu) UNY, Penjamu PPs, Bag. Informasi serta dosen pengajar prodi.

Dalam ramah tamah penyambutan tersebut, WR IV, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. mengucapkan selamat datang kepada kedua Asesor. Sesama pengajar di LPTK, kedua Asesor tentunya tidak asing dengan nuansa akademik di UNY. Beliau berharap pertemuan dalam rangka assessment lapangan ini semakin mempererat kerjasama sesama LPTK demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Sehabis penyambutan tersebut, kedua asesor menyempatkan diri berkeliling kampus PPs untuk meninjau sarana perkuliahan seperti ruang kuliah, perpustakaan, ruang dosen, lab. Komputer dan lain-lain. Selanjutnya langsung menuju ke ruang display dokumen akademik prodi Dikdas di ruang sidang PPs UNY.

Hal yang berbeda dengan visitasi sebelumnya, kali ini Sekprodi Dikdas, Dr. Ali Mustadi mengerahkan suporternya antara lain 20 mahasiswa aktif, 20 alumni, dan tentunya dosen pengajar prodi, serta tim pengembang. Dengan jumlah yang begitu banyak sangat menambah kemeriahan dalam diskusi antara prodi dan asesor.

Dr. Ocih Setiasih bertugas memverifikasi borang prodi. Beliau mengawali klarifikasi dengan berdiskusi bersama tim pengembang dan mahasiswa Dikdas. Dengan penuh keakraban dan percaya diri mahsiswa bisa menanggapi setiap pertanyaan, masukan, dana saran dari beliau. Tampak hadir dalam diskusi ini antara lain Prof. Dr. Marsigit, Prof. Dr. Suhardi, Dr. Djamilah Bondan W., Dr. Udik Budi W., Dr. Enny Zubaidah, Dr. Pratiwi P., dan Dr. Wuri Wuryandani. Selanjutnya alumni yang sebagian besar telah menjadi dosen juga sempat menyampaikan testimoninya kepada Asesor. Dalam diskusi tersebut bisa diperoleh informasi berkaitan dengan kurikulum, suasana akademik, tata pamong, tingkat kepahaman visi misi prodi oleh stakeholder, dan sarana perkuliahan yang dirasakan mahasiswa.

Sementara itu, Dr. Asep Supena, M.Psi. memisahkan diri untuk menilai kelayakan borang institusi/PPs UNY. Bertempat di ruang Direktur, beliau terlibat diskusi dengan Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. (Direktur), Prof. Pardjono, Ph.D. (Asdir I), Prof. Dr. Muhyadi (Asdir II) , serta Dr. Teguh Setiawan, dan Dr. Dimyati (Tim Penjamu PPs UNY). Pada kesempatan yang lain Asesor juga lerlihat dialog akrab dengan dosen pengajar prodi berkaitan dengan jurnal, pembimbingan tesis, dan kegiatan akademik seperti penelitian, dan PPM.

Tim assesor mengemukakan beberapa hal yang berkaitan dengan kekurangan Program Studi, serta saran-saran perbaikan yang tentunya akan menjadi acuan Prodi Dikdas dalam melangkah ke depan. Dengan akreditasi ini prodi bisa mengukur kesiapannya melakukan proses pendidikan.

Sengenap dosen, mahasiswa dan staf berharap akreditasi ini mendapatkan nilai yang terbaik bagi Prodi Dikdas PPs UNY. Terlepas dari apa pun nilai yang diberikan BAN PT, semuanya sangat bangga atas kekompakan dan kerjasama dari semua pihak dalam mendukung kegiatan penting ini. Akreditasi ini bukanlah suatu akhir, melainkan awal dari cara dan mekanisme pemeliharaan dan perbaikan pengelolaan prodi ke depan. (Rubiman)