Kegiatan Baku Mutu UNJ dan UNY 2019

Kegiatan Baku Mutu oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) & Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diselenggarakan di UNY - tepatnya di gedung General Lecture Building Lantai 3 Ruang Teater pada tanggal 30 September 2019. Agenda tersebut dimulai dari pukul 9.00 pagi dan diakhiri pada pukul 12. 30 di siang hari. Kegiatan tersebut dihadri oleh mahasiswa, kedua dari UNJ dan UNY, khususnya mereka yang sedang duduk di semester 3 (angkatan 2018). Di sela-sela acara tersebut hadir pula ketua prodi pendidikan bahasa Inggris program pascasarjana UNY, yakni profesor Suwarsih Madya.

Diketuai oleh Noke (dari UNJ) dan Laser Romios (dari UNY), acara Baku Mutu ini menjadi ajang untuk bertukar ide mengenai topik-topik terkini yang dapat dijadikan judul untuk jurnal artikel maupun tesis. Selain itu, hal-hal terkait cara penulisan jurnal artikel hingga publikasinya turut dibahas. Banyak hal yang telah dipelajari oleh kedua belah pihak. Satu hal yang tak kalah penting adalah momen tersebut juga dijadikan sebagai batu loncatan untuk melakukan joint research dan hal lain yang terkait. Untuk itu, secara tidak langsung jejaring atau networking telah terlaksana saat dan pasca acara tersebut. Networking itu penting karena kedua belah pihak dapat melakukan kerjasama di bidang penelitian, karir, maupun bisnis di kemudian hari. Singkatnya, agenda Baku Mutu tidak hanya dilaksanakan untuk menggali ide untuk penelitian namun juga untuk membangun jejaring antar mahasiswa.

Adapun harapan untuk ke depannya adalah bahwa program semacam ini akan dilanjutkan dengan perencanaan yang lebih matang dan jumlah audiens yang lebih besar. Dengan demikian, para mahasiswa sebagai generasi muda akan dapat melakukan sharing knowldge dan mengadakan joint research yang kelak dapat membantu memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Jika perlu, kegiatan Baku Mutu berpotensi untuk dijadikan sebuah proyek tugas mata kuliah yang wajib dikontrak oleh mahasiswa. (las/ant)