Jurnal HEPI-PPs UNY Kembali Terakreditasi

Kabar gembira datang dari Program Studi (Prodi) Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY). Setelah menunggu beberapa bulan terkait hasil akreditasi terbitan karya ilmiah (Jurnal), akhirnya pada akhir Februari lalu, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan atau yang lebih familiar dengan nama Jurnal HEPI kembali resmi berstatus terakreditasi. Jurnal yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan evaluasi pendidikan para dosen, penelitian tesis mahasiswa, dan penelitian disertasi mahasiswa S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia tersebut, diterbitkan oleh Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia yang bekerja sama dengan PPs UNY.  Hasil-hasil penelitian yang disampaikan dalam jurnal tersebut tidak terbatas pada bidang evaluasi pendidikan, tetapi juga hasil penelitian dan evaluasi pendidikan dalam arti luas seperti bidang teknologi dan kejuruan, ilmu pengetahuan sosial, pendidikan luar sekolah, linguistik terapan, teknologi pembelajaran, manjemen pendidikan, pendidikan sains, dan pendidikan matematika.

Hasil ini merupakan rangkaian hasil positif dari pengelola Jurnal HEPI yang merupakan ketiga kalinya Jurnal HEPI dapat terakreditasi kembali. Pada tahun 2007 untuk pertama kalinya Jurnal HEPI terakreditasi. Disusul pada tahun 2010 pengelola Jurnal mengajukan akreditasi ulang yang bersamaan dengan habisnya masa berlaku akreditas jurnal. Pada tahun 2010 tersebut Pengelola Jurnal mampu mempertahankan Prestasi “terakreditasi” Jurnal HEPI.

Masa akreditasi yang hanya berlaku selama 3 (tiga) tahun membuat pengelola Jurnal bergegas. Tak kurang dari setahun pengelola Jurnal berkoordinasi untuk menyusun borang akreditasi yang harus masuk ke Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2013. Barulah pada akhir Agustus 2013 borang akreditasi sudah final dan kemudian dikirim.

Atas hasil ini, Redaksi mengungkapan rasa syukur karena berkat kerja keras tim redaksi, mitra bebestari yang tersebar di Indonesia dan karyawan PPs UNY akhirnya Jurnal HEPI dapat terakreditasi kembali dengan masa berlaku yang lebih lama dari yang terdahulu, yakni 5 (lima) tahun.

Tim redaksi berharap keberadaan Jurnal ini dapat menambah khasanah bagi pembaca dan dapat memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di Indonesia. (Woko)