Jumat Penuh Semangat bagi Prodi PEP

Pagi itu mentari nampak memancarkan kehangatan sinarnya, memberikan sentuhan semangat bagi semua insan tak terkecuali  civitas akademika Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Program Pacsasarjana UNY. Jumat, 24 April 2015, merupakan hari jumat yang penuh semangat bagi prodi ini. Selain dikenal dengan hari baik, pada hari itu prodi PEP memiliki serangkaian agenda dari pagi sampai sore hari.

English Speaking Club mengawali semangat pagi para dosen PEP. Kegiatan yang berlangsung di Ruang 202 Gedung Lama PPs ini dimoderatori oleh Suhaini M. Saleh, M.A. Narasumber  dalam kegiatan ini yaitu Dr. Farida A. Setiawati dan Dr. Widihastuti. Keduanya menyampaikan materi yang berbeda. Dr. Farida menyampaikan materi tentang “Educational Evaluation Service”, sedangkan Dr. Widihastuti tentang “Using HC-ADDIE Modification to Developing of HOTS-Based AFL Model”. Kedua materi tersebut sama-sama menariknya.

Pada siang harinya, Prodi PEP mengadakan rapat persiapan akreditasi.  Rapat dilaksanakan di Ruang 102 Gedung Lama PPs dan dihadiri oleh Tim Akreditasi PEP S2. Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Djemari Mardapi, Ph.D., selaku Kaprodi PEP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa akreditasi program studi itu penting karena apabila akreditasinya baik maka lulusannya akan diakui, begitu juga sebaliknya. Harapannya akreditasi Prodi PEP S2 tetap unggul (A) sehingga dibutuhkan kerja keras dari setiap tim untuk mencapai hal tersebut.

Rapat akreditasi kemudian dilanjutkan dengan laporan dari masing-masing tim tiap standar. Tim standar 1, standar 2, dan standar 5 sudah selesai dalam menyusun borang akreditasi. Tim-tim yang lain kinerjanya sudah mencapai 90%. Semua tim diberi target pertengahan bulan Mei semua borang sudah selesai. Prof Badrun juga menambahkan bahwa di kemudian hari akan diadakan konsolidasi untuk menyinkronkan data-data borang akreditasi tiap standar.

Pada sore harinya, Prodi PEP menjadi tuan rumah untuk menggelar rapat koordinasi pengurus Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) Unit Koordinasi Daerah Istimewa Yogyakarta. Rapat yang berlangsung di Ruang 202 Gedung Lama PPs ini dihadiri oleh para pengurus HEPI yang berasal dari universitas di lingkup DIY seperti UAD, UST, UMY, LPMP, USD, UPY, dan UNY sendiri.  Rapat HEPI ini membahas tentang regenerasi pengurus dan perumusan program kerja HEPI. Beberapa usulan program kerja antara lain yaitu penyelenggaraan seminar atau pelatihan regional, pelatihan pembuatan dan analisis instrumen, dan pelatihan analisis data penelitian. Rapat HEPI merupakan penutup serangkaian kegiatan pada hari Jumat yang penuh semangat itu. (ekary)