Jumat hari Favorit bagi Program Pascasarjana UNY

Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY). Walaupun jam kerjanya relatif lebih pendek dibanding hari yang lain, seringkali pengelola prodi ataupun pimpinan PPs UNY mengadakan pertemuan untuk membahas masalah akademik pada hari Jumat.

Pada hari Jumat, 22 Mei 2015 di ruang 315, dengan arahan kaprodi, Prof. Dr. Trie Hartiti Retnowati, para dosen prodi diajak untuk berdiskusi membahas kegiatan di tahun 2015 ini. Hadir dalam pertemuan ini antara lain Dr. Sutiyono, Dr. Kasiyan, M.Hum., Dr. I Ketut Sunarya, M.Sn., dan Dr. Kuswarsantyo, M.Hum.

Pertemuan ini diadakan untuk mempersiapkan presentasi penelitian dan PPM prodi dan pemantapan judul serta pembimbingan tesis.

Di waktu yang sama di ruang 313, prodi IPB juga mengadakan pertemuan yang melibatkan dosen pengajar prodi. Hadir di sana antara lain Prof. Sugirin, Ph.D., Prof. Dr. Pratomo Widodo, Prof. Dr. Haryadi dan Prof. Dr. Zamzani.

Dengan mencermati topik disertasi mahasiswa, pertemuan ini dimaksudkan untuk penentuan Pormotor dan Co-Promotor yang akan memberikan bimbingan secara intensif dalam rangka penyelesaian disertasi mahasiswa IPB.

Masih di waktu yang sama, menempati Laboratorium PLS FIP UNY, tim peneliti Hibah Pascasarjana untuk prodi S2 PLS mengadakan koordinasi pelaksanaan “turun lapangan”. Hadir dalam pertemuan ini seluruh anggota tim peneliti diantaranya Prof. Dr. Yoyon Suryono, Prof. Dr. Suparno, Dr. Puji Yanti Fauziah, Dr. Rita Eka Izzaty, dan beberapa mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini.

Sebagai ketua tim, Prof. Yoyon memberikan arahan kepada mahasiswa sekaligus untuk menyamakan persepsi dengan dosen pendamping. Selain itu juga untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar mempersiapkan fisik, mental, dan segala hal untuk kesuksesan penelitiannya. Penelitian pada tahun ketiga ini lokasinya masih sama dengan tahun sebelumnya seperti di Kulon Progo, Kota Yogyakarta, dan Sleman. (Rubiman)