Join Research Pendidikan Ekonomi Menggandeng Infrastructure University of Kuala Lumpur, Malaysia

(4/10) Peningkatan program studi melalui kualitas dan kuantitas dari publikasi sangat gencar dilakukan. Publikasi berguna sebagai salah satu ajang untuk bisa menyampaikan hasil penelitian kepada masyarakat luas. Selain itu publikasi dipandang sebagai salah satu point terbesar dalam akreditasi program studi. Latarbelakang ini yang membuat dosen-dosen di pendidikan ekonomi PPs UNY untuk terus melakukan peningkatan dalam penulisan artikel melalui program penelitian bersama (joint research).

Pada tanggal 18 September 2018 lalu, Dosen pendidikan ekonomi bertolak ke Malaysia dalam rangka menjalin kerjasama dengan Infrastructure University of Kuala Lumpur (IUKL) untuk membahas keberlanjutan joint research. Penelitian yang digagas oleh Bapak Setyabudi Indartono, Ph.D menjadi pembuka joint research antara kedua instansi dengan mengangkat tema mengenai International Joint Publication.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar effort dari mahasiswa Indonesia dan Malaysia dalam hal publikasi artikel ilmiah. Harapannya hasil penelitian ini akan berguna dalam menentukan strategi yang perlu dilakukan kedua instansi dalam meningkatkan jumlah publikasi.

Penelitian merupakan salah satu tugas seorang dosen selain mengajar dan pengabdian. Tak ada bosannya Prof. Sukidjo selaku kaprodi Pendidikan Ekonomi PPs UNY selalu mengingatkan kepada dosen dan mahasiswa untuk terus meningkatkan jumlah penelitian dan dipublikasi pada jurnal nasional maupun internasional yang terindeks. “Target ke depannya, semakin banyak dosen dan mahasiswa yang melakukan joint research dengan berbagai institusi dan berbagai negara untuk mencapai visi dan misi program studi Pendidikan Ekonomi PPs UNY khususnya, dan UNY pada Umumnya”, tegas Sukidjo. [dwgt]