Industri 4.0, Pekerjaan 4.0, Manusia 4,0 : Diskusi Intensif Mahasiswa S3 Pascasarjana UNY dengan Prof. Martin Hartmann dari Technische Universität Dresden, Jerman

Industri jilid empat atau yang sering kita sebut dengan industri 4.0 merupakan manufaktur yang terhubung secara digital. Prof. Martin Hartmann dengan judul presentasinya Industrie 4.0, Arbeit 4.0, Mensch 4.0 atau dalam bahasa Indonesia Industri 4.0, Pekerjaan 4.0, Manusia 4,0 memaparkan bahwa industri jilid empat juga harus diikuti dengan pekerjaan dan manusia yang juga jilid empat. Tema ini sangat menarik perhatian mahasiswa S3 Pascasarjana UNY terutama Program studi PTK (Pendidikan Teknologi dan kejuruan) dan Program Studi TP (Teknologi Pendidikan).

Dalam diskusi tersebut mahasiswa S3 sangat concern dengan issue Industri 4.0, dimana di masa depan mereka adalah generasi jilid empat atau disebut oleh Prof. Hartmann dengan istilah Manusia 4.0. yang akan selalu bersentuhan dengan industri 4.0.

Mahasiswa S3 peserta diskusi mendengarkan dengan seksama bagaimana Prof. Hartmann menceritakan tentang kondisi pendidikan kejuruan di Jerman yang sudah lebih dulu mempersiapkan lulusannya menghadapi industri 4.0. Bagi Institusi pendidikan di Indonesia mempersiapkan generasi masa depan untuk menghadapi dunia digital, dalam hal ini adalah industri jilid 4 merupakan tugas yang sangat serius. Program Pascasarjana UNY sendiri sudah sejak beberapa tahun ini berkomitmen untuk mendatangkan Professor dari negara-negara maju untuk dapat memberikan pengetahuan dan point of view lain yang bermanfaat bagi mahasiswa.(Manggalasari)